24/7 Support number +62- 821 - 3817 - 2799

Sedikit Cerita Dari Bandung ke Karimunjawa


Hari itu, UAS baru saja usai, saya dan ketiga sahabat saya nongkrong di kampus, lagi ketawa-ketiwi dan stress dengan tugas penelitian yang ga ada kemajuan. Hahaha.. Dan tiba-tiba teman salah satu sahabat saya, yang memang teman main saya juga datang, duduk bareng sama kita dan langsung bilang, "ke Karimun Jawa yukk tgl 12juni. Biayanya segini”. Weleh-weleh.. gila nih orang pikir saya, soalnya hari itu H-3 dari tanggl yang di tetapkan dan ah, paling cuma OMDO (Omong Doank) pikir saya. Eh, ternyata diluar dugaan saya ucapannya langsung di respon positif oleh ketiga sahabat saya. “Ayoookk,, stress banget nih kita”.ucap salah satu sahabat saya. Dan sayapun langsung gigit jari karena tanggal segitu saya udah pasti ga bisa ikut, karena tepat tanggal 12 Juni sahabat sewaktu SMP saya nikah. Ya udah deh, hari itu saya cuma diem denger mereka ngomongin biaya dan mau berapa hari di Karimunjawa dan pembicaraan lain yang bikin iri. Tapi, mau gimana lagi pikir saya, kalo liburan ke karimun ditunda kesian mereka. Soalnya awal july kita udah sibuk KKN dan akhir juni kita semua sibuk pembekalan KKN. Gada lagi jadwal yang pas yaa selain tanggal segitu. Jadi, yaa pilihan saya pasrah aja ga ikut liburan semester ini bareng sahabat-sahabat kampus saya.

Tapi,, thanks a lot for all my besties yang udah rela mengundur liburan jadi tgl 13juni sore, that’s mean a lot for me guys. Muach.. muach.. (lebay). Akhirnya, saya pun jadi bisa ikut liburan semester ini ke Karimun Jawa. Hmm.. tapi, ternyata masalah liburan ini ga berhenti di tanggal aja, ternyata ACC alias izin dari mama pun sulit untuk didapat. H-1 pun saya masih fix ga ikut liburan karena mama belum mengizinkan. Sumpah saat itu sedih banget dan sangat ga enak sama sahabat-sahabat yang udah ngundur liburan demi saya (haha.. pede banget yaa saya,,haha). Alasan mama sih klise sebenernya, pertama liburan bareng cowo-cowo, sama kedua yang sebenernya ini alasan yang menurut saya bikin mama berat ngasih izin adalah karena saya nanti bakal naik kapal ferry menuju Karimunjawa. Yaa,, mama sangat takut terjadi apa-apa sama kapal ferrynya mana perjalanannya sekitar 4.5 jam. Hari itu, tanggal 12juni masih belum dapet izin dari mama.

Masih di hari yang sama sekitar pukul 15.30 wib sahabat saya sms, dan berbunyi, “kabar gembira, gue di ijinin sama nyokap ke Karimunjawa!!” (kurang lebih gtu bunyi smsnya). Wah,, panik sepaniknya tuh.. berarti sekarang cuma saya yang nasibnya ga jelas. Setelah membaca sms itu, saya pun segera ke ruang keluarga, dimana mama dan papa lagi asik mengobrol dan saya memberanikan diri untuk bilang: “mah, pah, gimana ade sebenernya boleh ikut liburan ke Karimunjawa apa ga? Udah H-1 ni mah, pah, ade doank yang belum jelas nasibnya. hehe.” Ucap saya. Diluar dugaan mama bilang: “ya uda, hati-hati nanti disana, kapan berangkat? Perlu berapa kesana?”. Yihhiiiiiyy… girang bukan kepalang pas mama bilang itu,, Indahnya Pulau Karimunpun udah terbayang di benak saya. Makasi banyak mah, pah, udah ngizinin anaknya ini liburan. Malam minggupun saya isi dengan packing!!

Tgl. 13 Juni Pukul 17.00 WIB saya dan teman-teman yang akan ikut liburan ke Karimun Jawa pun janjian untuk berkumpul di Alfamart depan mandiri sebelum berangkat. Yuph,, dasar teman-teman saya janji jam 5, eh kumpulnya jam 7 malam, hahaha.. parah bgt ngaretnya.. Jam 19.30 pun saya dan ke-9 teman saya yang lain berangkat dari Alfamart ke Agen Bus Bandung di Cileunyi. Sesampai di Agen Bus kita leha-leha dulu sambil nunggu busnya datang. Lagi ngobrol-ngobrol ternyata ada sesosok cowo gimbal sama cewe datang menghampiri kita. Wah, ternyata itu kukuh sama pacarnya yang ikut juga liburan kita ke Karimun. Yeayy.. liburan rame banget nih, kelompok liburan kita kali ini genap 12 orang dengan komposisi 5cowo dan 7cewe.

20.15 WIB kita berangkat naik Bus Bandung dari Agen Cileunyi menuju Jepara dengan lama perjalanan kurang lebih 10 jam. Selama perjalanan di bus kita lebih banyak tidur, Pukul 06.00 WIB pagi pun kita tiba di terminal Jepara. Duduk-duduk dulu di halte Jepara (yang sebenernya bingung cara ke Dermaganya gimana) hehe.. Dengan santai teman saya (cowo) bilang, “kata warga, dari sini ke Dermaga deket kok. Jalan ajaaa yuukk!!!”. Wooowwww… ide yang brilian banget jalan menuju dermaga yang kita ga tau letak pastinya dimana dengan bawaan yang lumayan berat mana baru sadar semua dari tidur. Yaahh.. tapi pasrah aja namanya juga Backpacker, jadi nurut-nurut aja dah sapa tau beneran deket hehe.. Setelah berjalan kaki kita pun tiba di Dermaga dengan bahagia karena sempet nyasar Hahahaha…

Sekitar pukul 07.45 wib kita naik kapal ferry, kita semua duduk di kelas ekonomi yang kiri dan kanannya Cuma di halangi pager-pager jadi dapet udara segar alias biar kalo mabok laut bisa langsung buang ke laut hahahaha.. Perjalanan 5 jam Jepara-Karimunjawa pun kita isi dengan foto-foto (wajib), main kartu, main jempol, main tebak nama iklan, artis, baca buku, makan, jalan-jalan keliling kapal, liat ubur-ubur dan lumba-lumba yang keliatan dari atas kapal dan tentu saja tidur. Perjalanan ferry menuju karimunjawa ini memang terasa cukup lama, karena kita semua yang belum pernah kesana sangat penasaran seperti apa pulau yang banyak orang bilang itu indah banget. Tapi, ada kejadian lucu sebelum ferry jalan, salah satu teman saya yg belum pernah naik kapal panik banget, ini terlihat dengan muka pucat, tangan pegangan ma pager kapal dan diem aja (soalnya biasanya ini orang berisik). Eh, untungnya paniknya segera hilang seketika setelah kapal jalan. Hahaha.. Pukul 12.00 pun kita tiba di Karimunjawa!! Yeayyy.. kita semua girang kaya anak kecil di kasih permen, udah kebayang Indahnya laut Karimun karena saat kapal ferry parkir di Dermaga indahnya laut yang bening udah terlihat.

Sesampai di Dermaga Karimunjawa kitapun foto-foto di gapura Selamat Datang di Karimunjawa. Yak, 10menit kemudian kelompok kecil ini kembali di bingungkan dengan tempat kita menginap, secara kita belum ada yang pernah kesini dan cape banget. Nah, lagi bingung gini, ada pemuda disitu yang nawarin penginapan dan kendaraan menuju penginapan, cuman berhubung kita takut di tipu jadi kita ga mau make jasa dia and alhasil kita kembali JALAN KAKI LAGI untuk mencari homestay.. 30 menit jalan, nyari penginapan murah Dan akhirnya kita dapat penginapan 1 rumah dengan 4 kamar tidur, 3 kamar mandi dan 1 ruang TV. Dan kita menginap disitu selama 2 malam, karena 1 malam kita rencananya menginap di Wisma Apung. Hari itu, kita tutup dengan melihat Sunset dan mengabadikannya dengan berfoto norak. :DD
Menjelajahi Pulau Cemara Besar, Pulau Gosong, Pulau T. Gelam, dan P. Menjangan Besar/ Menjangan Kecil.
Hari selasa tgl. 15 Juni kegiatan di Homestay sudah di mulai dari jam 6 pagi. Semua sangat bersemangat untuk melihat indahnya bawah laut Karimunjawa. Ada yang sibuk siapin kamera, make sunblock, dan ada yang panik gara-gara ga bisa renang. Hahaha.. (piss) dan Jam 9an kita pun berangkat menuju perahu wisata untuk melakukan Snorkling dan bakar-bakar ikan di Pulau. Pagi itu, saya bener-bener semangat karena jujur ini pertama kalinya saya akan snorkling. Dan benar saja sesampai di Pulau pertama, yaitu Pulau Cemara besar saya bak orang kampung yang baru melihat indahnya laut, dan memang sangat-sangat indah menurut saya. Pasir yang putih, bersih, dengan air laut yang sangat bening sehingga dengan mata telanjang dari atas kapal kamu udah bisa liat ada ikan-ikan kecil dan terumbu karang yang indah. Dengan tak sabar saya pun langsung loncat dari perahu seketika setelah perahu berhenti. Saya lupa kalo ternyata saya belum pake pelampung, kacamata snorlking, dan sepatu katak (iya ga sih namanya? Haha, tentu dengan saya pastikan ketinggian air selutut.

Dibawah laut Karimunjawa saya bener-bener takjub dengan yang ada di dalamnya, sangat-sangat subhanallah dengan aneka macam bentuk terumbu karang yang indah, ikan-ikan kecil yang warna-warni dengan nyaman lewat di sekitar saya, ada nemo juga, bintang laut, tapi kamu harus hati-hati sama bulu babi karena kalo kena bisa demam. Setelah puas snorkling di Pulau Cemara besar, kita lanjutkan snorkling di Pulau Gosong, yang katanya kalo surut, pulau ini berbentuk daratan yang kecil. Snorkling disana agak memacu adrenalin karena ombaknya cukup besar dan dalam (karena dilaut lepas). Tapi, saya tetap di buat takjub dengan keindahan bawah lautnya. Setelah lelah ber-snorkling kita pindah ke Tanjung Gelam untuk makan siang. Yeayy.. ini benar-benar pengalaman yang jarang saya alami. Ujung gelam itu mempunyai hamparan pasir putih yang bersih dan tentu dengan air laut bening serta di pinggir-pinggir pantai ada beberapa pohon kelapa yang berpenghuni hanya oleh Kita 12 orang turis dari Bandung!! Benar-benar seperti Private Island. Benar-benar indah! Semua rombongan turun dari perahu dan menikmati indahnya pantai Tanjung Gelam. sementara itu, tour guide menyiapkan ikan dan cumi bakar untuk makan siang.

1 jam kemudian Ikan Baronang, ikan kakatua, cumi, kakap merah, dan ikan-ikan bakar lainnya siap untuk di santap. Wow.. it’s so beatifull, bakar aneka seafood dengan para sahabat dengan memandingi laut lepas yang bersih di Pulau yang cuma ada KITA DOANK. Great Holiday!! Setelah semua senang dan kenyang, perjalanan hari itu di lanjutkan ke Penangkaran ikan HIU. Yuph, setelah kenyang dan berenergi mari kita pacu adrenalin dengan berenang bareng HIU!! Hahaha.. Saya cukup parno pas mau turun untuk berenang dengan hiu, karena kalo liat dari atas, HIU itu terlihat seperti HIU kebanyakan yang GANAS dan GA RAMAH sama MANUSIA. Keberanianpun sudah kumpul dan saya berenang dengan hiu,, wowwww.. deg-degan luar biasa di dalam sana. Tapi, anehnya ikan hiu itu menghindar kalo di deketin. Mungkin ini efek karena di piara dari kecil kali yaa.. jd, Hiunya malah takut ma manusia. Berenang dengan Hiu selesai, perjalanan dilanjutkan untuk melihat sunset.

Kita agak bingung mencari lokasi buat liat matahari terbenam, tapi akhrinya rombongan kecil ini memutuskan untuk melihat sunset di atas perahu yang berada di tengah laut lepas tepat di depan matahari itu terbenam. Sangat indah dan romantic!! Masih terperangah melihat indahnya sunset di atas perahu, eh si mas guide ngasih kita Kelapa muda yang di ambil dari Tanjung Gelam tadi. Perfect! Kelapa muda sambil melihat indahnya sunset!! :DD

Menjelang malam setibanya di penginapan kembali, langsung bersih-bersih diri dan makan malam di penginapan karena telah disediakan, kemudian jalan-jalan ke alun-alun Karimunjawa bersama teman-teman untuk sekedar melihat-lihat para pedagang malam menjajakan aneka kuliner dan oleh-oleh khas Karimunjawa. Puas muterin alun-alun Karimunjawa lalu kembali ke penginapan dan langsung istirahat malam karena sudah cape seharian puas hopping islands dan snorkeling. Keesokan harinya kami langsung persiapan pulang dan diantar menuju dermaga Karimunjawa untuk perjalanan laut menggunakan kapal feri menuju pelabuhan Kartini Jepara. Pukul 13.30 wib Setibanya di Jepara langsung menuju terminal kembali untuk naik bus tujuan Bandung.

HARGA PAKET 3H2M KARIMUNJAWA /PAX
Nama Penginapan Jenis Room Jenis Kapal Harga
Homestay Fan Standar Fan Feri Siginjai  800.000
Homestay Fan Standar Fan Express Bahari 995.000
Homestay AC Standar AC Feri Siginjai 1.095.000
Homestay AC Standar AC Express Bahari 1.265.000
Duta Karimun Standar AC Express Bahari 1.300.000
Sunrise Hill Standar AC Express Bahari 1.380.000
Karimun Lumbung Standar AC Express Bahari 1.410.000
Ayu Hotel Bungalow Express Bahari 1.430.000

Family Express Bahari 1.280.000
Laguna Inn Standar AC Express Bahari 1.430.000

Up Water Express Bahari 1.530.000
Omah Alchy Cendana Express Bahari 1.630.000

Waru Cottage Express Bahari 1.830.000

Cemara Cottage 6P Express Bahari 1.630.000
Dseason Bisnis Express Bahari 1.670.000

Executive Express Bahari 1.750.000

Family 4P Express Bahari 2.100.000
Happines Hill Standar AC Express Bahari 1.730.000

Bungalow 4P Express Bahari 1.630.000
Java Paradise Superior Express Bahari 1.975.000

Deluxe Express Bahari 2.180.000

Executive Cottage Express Bahari 2.230.000

Family Cottage Express Bahari 1.580.000
Halo Sustainable Executive Express Bahari Foto

Signature 3P Express Bahari Foto

Grand Deluxe 4P Express Bahari Foto
Royal Ocean Superior Express Bahari Foto

Deluxe Garden Express BahariFoto

Deluxe Sea View Express BahariFoto

Executive Ocean Express Bahari Foto
Breve Azurine Room Crest Express Bahari Foto

Sea Hill Cottage Express BahariFoto

Studio Sea Front Express BahariFoto

Family Sea Hill Express BahariFoto

Suit Esplanade Express BahariFoto
NB: Harga sewaktu-waktu bisa berubah

Hubungi Kami

RESERVASI SEKARANG

0821-3817-2799 📱 082-333-333-102
@karimunjawaopentrip 📝 Testimoni
Visit Karimunjawa