Telp 087733156777 :
Home » , , » Informasi Lengkap Liburan Wisata Karimunjawa 2017

Informasi Lengkap Liburan Wisata Karimunjawa 2017




Mau wisata atau liburan di pulau Karimunjawa bergabunglah bersama kami Tim Visit Karimunjawa, hamparan pasir putih, matahari yang cerah, laut biru, indahnya  terumbu karang yang berwarna-warni, dan ikan-ikan yang berenang dikejernihan air, sungguh pemandangan yang menakjubkan,.. 
Baca Juga Informasi Dibawah ini:
Diving di kepulauan karimunjawa oh I’m SO EXCITED!, benar-benar  surga bawah laut nan indah. Dengan pemandangan terumbu karang dan biota lautnya begitu cantik, serta kamu dapat memberi makan dan menyentuh langsung ikan-ikan yang berenang di habitatnya, ini betul-betul pengalaman yang menyenangkan, menjadi daya tarik yang eksotis, serasa didalam akuarium saja, tapi ini jauh lebih besar dan nyata. 

Karimunjawa sangat cocok sebagai tempat untuk melepas kejenuhan, stres, kepenatan, apalagi bagi anda yang selalu disibukkan dengan pekerjaan rutin setiap hari. 
Jika jiwa anda adalah seorang petualang, anda akan terpesona karenanya, tempat ini banyak sekali spot laut yang indah dan sangat menarik untuk dinikmati. Suasananya yang begitu nyaman, tenang, dan jauh dari hingar bingar kota, dan yang paling penting tingkat kejahatan dan kriminalitas di pulau Karimunjawa boleh dibilang sangat minim loh..
Info Paket Lengkapnya Klik Dibawah ini:
Snorkeling di Pulau-Pulau Karimunjawa
Senorkeling Karimunjawa

Menikmati Indahnya alam bawah laut dengan aktivitas snorkeling dan berenang sepuasnya tentu anda akan melakukannya. Di Karimunjawa Anda akan mendapatkan sensasi snorkeling berenang bersama ikan-ikan dan melihat pemandangan terumbu karang bawah laut. Sobat traveller tidak perlu bersusah payah belajar menyelam atau diving hanya untuk menikmati pemandangan bawah laut, cukup dengan snorkeling di lokasi atau spot yang ditentukan dan sedikit keberanian untuk melihat ke kedalaman maka keindahan tersebut akan menjadi milik anda.

Seorang dive master lokal atau guide yang mendampingi anda, akan senantiasa menjaga dan menuntun serta menjelaskan mengenai beragam jenis biota yang hadir dihadapan kita. Jarak pandang dalam air yang begitu luas, tidak perlu khawatir, alam mempersilahkan kita untuk melihat sejauh 30 - 40 meter. Taman Nasional Laut Karimunjawa menyimpan pesona laut yang terlalu indah untuk dikatakan Karimunjawa I’m SO EXCITED!.


Diving di Karimunjawa
Banyak tempat menyelam di Indonesia, tetapi Karimunjawa mempunyai kelebihan. Perairan Karimunjawa kaya dengan keanekaragaman spesies langka dan sisa-sisa kapal karam tempoe doeloe yang sudah di tumbuhi indahnya terumbu karang. Hal ini merupakan pemandangan yang menakjubkan! lokasi tempat tenggelamnya kapal Indonor Wreck Ship. Kapal Indonor tenggelam di Kepulauan Karimunjawa pada tanggal 7 Februari 1960 saat berlayar dari Palembang ke Surabaya dengan angkutan batubara. 
Suasana di tempat ini terasa sangat sunyi dan misterius, pilar-pilar besi kapal terlihat berkarat seiring berjalannya waktu, lalu banyak juga terumbu karang (soft coral) berwarna-warni yang sangat indah berjuang untuk hidup dan tumbuh pada puing puing kapal. Kapal SS Indonor yang terbuat dari baja ini merupakan kapal kargo tipe “Scandinavian” dengan bobot mati 2858 GT (Gross tonne). 
Kapal Indonor termasuk kapal General Cargo yang sengaja dirancang untuk mampu membawa bermacam-macam jenis barang, Jenis kapal seperti ini sangat dibutuhkan pada masa Perang Dunia II.


Sebagai kapal kargo, kapal ini juga memiliki cren yang difungsikan untuk mengangkat muatan keluar dan masuk palka kapal. Kapal Indonor memiliki panjang keseluruhan 327.9 feet (99,94 meter) dan lebar 46.5 feet (14,17 meter). Kapal ini ditenagai mesin uap Tripel-ekpansi (T3cyl) berbahan bakar batubara. SS Indonor mampu bergerak dengan kecepatan 10 knot/jam. Sebagai kapal bermesin uap, dalam SS Indonor terdapat 2 tabung besar penyimpan uap yang sering disebut dengan boiler. Tabung boiler ini memiliki diameter sekitar 2 meter dan panjang lebih dari 4 meter dan dapat ditemukan ditengah kapal


Hopping Islands

Wajib bagi sobat traveller jika berwisata di pulau Karimunjawa, untuk berkeliling mengunjungi pulau-pulau kecil yang yang terdiri dari 27 pulau di Kepulauan Karimunjawa yang terkenal indah ini, sobat traveller bisa menggunakan jasa kapal tradisional untuk mengunjungi beberapa pulau terdekat dari pulau utama Karimunjawa. Berikut dibawah ini beberapa gambar pemandangan pulau di Karimunjawa





BBQ, Picnic Lunch (Makan Siang Bakar Ikan di Pulau)
Setelah mengelilingi beberapa pulau kecil di kepulauan Karimunjawa sambil beraktifitas snorkeling maupun diving menikmati pemandangan alam bawah laut, maka tiba saatnya menikmati makan siang dengan bakar ikan di pulau terdekat dari spot snorkeling atau diving. Sehabis makan siang biasanya sobat traveller dapat main pantai, hunting foto, berjemur, dan berenang di pinggir pantai untuk terapi air laut.





Terapi Air Laut
Yang menarik di Karimunjawa adalah dapat Menikmati Terapi Air Laut. Laut menyimpan berjuta kekayaan. Bukan hanya berupa terumbu karang dan ikan yang beraneka ragam, juga rahasia kecantikan yang melatari mitos para putri duyung. 
Rahasia kecantikan dari laut itu, diungkap melalui thalassotherapy, yang berasal dari bahasa Yunani, thalasa, yang berarti laut. Dalam praktiknya, terapi ini menggunakan air laut serta material laut lainnya, termasuk pasir, lumpur, dan rumput laut. 

Terapi ini juga dipercaya bisa membuat kulit lebih bercahaya dan menghilangkan selulit. Sejak dulu laut dipercaya memberikan manfaat positif bagi kecantikan kulit karena mampu membuka pori-pori dan menarik kotoran di dalamnya, meninggalkan kulit yang bersih, dan halus di bawahnya. 
Awalnya, thalassotherapy berkembang di pesisir Inggris dan Prancis sekitar abad ke-19.Terapi ini juga telah dilakukan bangsa Mesir sejak 3000 tahun lalu. Mengadaptasi terapi yang telah berusia ribuan tahun tersebut, kini banyak hotel berbintang dan resort spa premium di seluruh dunia yang menawarkan terapi air laut ini. Penggemarnya pun menyebar luas, mulai di belahan bumi utara hingga selatan. Apa yang membuat thalassotherapy begitu menarik? Kandungan garam mineral dalam air laut, seperti magnesium, potasium, kalsium, sodium, dan iodium, mudah terserap ke dalam kulit, yang kemudian berfungsi mengikat kotoran dan radikal bebas dalam kulit, membuat kulit terasa lebih segar karena terbebas dari kotoran yang menyumbat. Lainnya, garam-garam mineral tersebut juga mampu memperlancar sirkulasi darah sehingga kulit terlihat lebih sehat.
Manfaat air laut ini diamini peneliti dari Institut Teknologi Bandung, Dr Ir Nelson Sembiring M.Eng. Ia mengatakan Air laut justru kaya mineral, terutama kandungan magnesiumnya yang cukup tinggi. Lebih lanjut, Nelson menjelaskan bahwa magnesium, selain berguna bagi kesehatan, juga memiliki manfaat kecantikan karena mampu mengangkat sel kulit mati yang tidak dapat dilakukan sabun biasa. Karenanya, garam-garam mineral ini banyak digunakan sebagai campuran air, pasta, dan lotion spa.

Pulau Menjangan Kecil
Selain menyuguhkan keindahan laut nan memesona, Pulau Menjangan Kecil di perairan Karimunjawa, ternyata berpotensi menyembuhkan beragam penyakit. Konon, kandungan air laut di perairan tersebut mampu menetralisir racun yang ada di dalam tubuh. 
Setelah 20 menit berlayar dari pelabuhan Karimunjawa, pengunjung akan diminta melakukan pemanasan dengan melakukan peregangan secukupnya sebelum mendekati pantai. Setelah peregangan, Anda hanya perlu mengambang sambil menikmati ayunan ombak. Percaya atau tidak, cara itu ampuh untuk mengobati penyakit seperti sakit kepala sebelah dan pegal-pegal. Lebih jauh lagi, penyakit berat seperti stroke bisa disembuhkan jika rutin melakukan terapi tersebut


Air laut mengandung magnesium, potasium, kalsium sulfat, dan sodium. Air laut memiliki khasiat yang baik bagi tubuh dan kecantikan kulit. Saat berendam dalam air laut, ion dan mineral yang terkandung di dalamnya memiliki manfaat, di antaranya: Melancarkan sirkulasi darah, memperkuat otot jantung, melancarkan sistem pernapasan, meningkatkan produksi sel darah merah, menyehatkan dan menutrisi kulit tubuh sehingga lebih bercahaya. 
Karena itulah, mulai dikenal terapi air laut yang disebut Thallasotherapy, yang merangkum semua manfaat air laut dalam bentuk relaksasi, revitalisasi tubuh, sekaligus peremajaan kulit, karena memiliki kandungan lebih dari 80 jenis mineral, termasuk Magnesium, Kalium, Besi, Kalsium, Boron, Selenium & Zinc yang merupakan cairan isotonis yang dapat membantu menjaga keseimbangan reaksi metabolisme di dalam tubuh. 
Sari air laut alias nigari memang multikhasiat untuk menyehatkan jantung dan limbah garam itu mampu menambah kualitas kecantikan wanita. Tatsuya Kosaka meriset untuk membuktikannya, menurut hasil penelitian tersebut magnesium dalam sari air laut bisa membakar lemak dan mengeluarkan cairan tak berguna dalam tubuh. 
Menurut informasi di Jepang, kalangan muda mudi terutama remaja perempuan, katanya selalu membawa sari air laut, gunanya menjaga tubuh tetap langsing dan terhindar dari penyakit kolesterol walau memakan apa pun !!   Luar biasa bukan...??
Di Karimunjawa cukup dengan berendam dan rileksasi atau berenang sambil senorkeling disamping melihat keindahan biota bawah laut kita telah melakukan terapi, menyenangkan bukan?

Penangkaran Ikan Hiu  ( Bermain-main dengan Ikan Hiu )

Mendengar kata Ikan Hiu mungkin kedengarannya menakutkan, karena hewan laut yang satu ini memang terkenal sangat buas dan menyeramkan, tapi tidak untuk di Karimunjawa. Di pulau menjangan besar Karimunjawa dikenal sebagai tempat penangkaran ikan hiu. kita bisa menjumpai banyak ikan hiu disana, rasanya sangat menarik melihat ikan-ikan  hiu yang terkenal sangat buas dan ganas tersebut berada di depan mata kita. 
Bagi Anda yang punya nyali dan keberanian, cobalah memacu adrenalin dengan berenang bersama ikan hiu tersebut. tak perlu khawatir, ada pemandu HPI Karimunjawa yang akan menemani Anda. Untuk beberapa saat Anda bisa menjadi sahabat ikan hiu. Sangat menarik bukan bermain-main dengan ikan hiu yang buas. Tetapi perlu di ingat, harus tetap waspada ya..
Tips dari Tim Visit Karimunjawa (berenang bersama hiu):  
- Jangan membuat ikan hiu tertekan karena akan membuat hiu jadi agresif.
- Jika terdapat luka di tubuh, sebaiknya hindari berenang bersama hiu
- Saat dikolam hiu posisi tangan harus diangkat
- Bersikap tenang dan tidak panik saat di kolam
- Tidak disarankan masuk ke kolam hiu saat kunjungan tamu meningkat seperti saat high seson, karena ratusan wisatawan diperkirakan juga masuk ke kolam hiu dari pagi hingga sore sehingga di khawatirkan hiu menjadi agresif dan menggigit akibat stres.
Info : Tiket masuk penangkaran hiu adalah IDR: 40.000/orang 

Berjemur di Pantai Pasir Putih Karimunjawa

Hamparan pasir putih, matahari yang bersinar cerah, lautan yang biru, seolah menjadi milik anda. Berjemur di pantai, di Karimunjawa Anda bisa menikmati paparan sinar matahari di atas pasir putih dengan santai sambil merasakan suasana pantai yang tenang ditemani hembusan angin sepoi-sepoi dan panorama laut yang indah.

Memancing

Memancing, di karimunjawa kaya akan bermacam-macam ikan. Bagi anda yang hobi memancing disinilah tempat yang tepat untuk menyalurkan hobi anda. Bermain air dan berenang sambil berfoto-foto dengan keluarga, teman maupun kekasih.

Menikmati Sunrise dan Sunset

Menjelang Matahari terbenam adalah saat dimana siluet keindahan alam ini terpancar dengan indahnya. Sangat menyenangkan sekali bila Anda menikmati keindahan matahari sore ini di karimunjawa.

Alun-Alun Karimunjawa
Karimunjawa, tak sekadar keindahan bawah laut dan wisata bahari yang menjadi magnet wisatawan. Di Alun-alun Karimunjawa, Anda bisa berwisata belanja souvenir dan kuliner dengan berbagai pilihan menu makanan yang khas. 



Sebagai sebuah wilayah kepulauan, Karimunjawa terkenal akan olahan seafoodnya. Bahkan, Karimunjawa dikenal sebagai pemasok hasil laut terbesar di Pulau Jawa. Tak heran di Alun-alun Karimunjawa terdapat banyak sekali warung lesehan yang menjajakan hasil laut nelayan Karimunjawa. 
Seafood sendiri telah menjadi sajian khas sehari-hari masyarakat Karimunjawa. Aneka olahan ikan, udang, dan cumi-cumi, baik itu dibakar ataupun digoreng bisa dijumpai di Alun-alun Karimunjawa. Selain itu, seafood juga bisa diolah menjadi Bakso Ikan yang rasanya tak kalah lezat dengan bakso berbahan daging sapi. 
Tak hanya itu, masakan ikan juga bisa berupa Pindang Serani. Pindang Serani ini semacam sup ikan yang terbuat dari ikan Bandeng dan bercitarasa pedas, asam dan manis, semua berpadu menjadi satu. Sangat cocok untuk disantap di siang hari yang panas. Makanan jenis lain yang dapat Anda temukan adalah garang asem Kudus, timlo Solo, mendoan Purwokerto, dan swikee Purwodadi. Tak mau ketinggalan ada tongseng Cumi dan lontong Krubyuk yang siap menggoyang lidah para sobat traveler ketika berkunjung ke Karimunjawa. 

Satu lagi yang patut dicoba adalah Siomay Karimunjawa. Siomay ini telah mendapat sentuhan tangan lokal sehingga bercitarasa khas Karimunjawa dan digemari banyak orang. Siomay ini disajikan bersama tahu, kentang, telur rebus, dan sayuran berupa kol dan paria yang telah direbus. Tambahan taburan bawang goreng yang renyah menambah gurih rasa siomay yang lezat ini. Rasa ikan Tenggiri yang kuat berpadu dengan rasa bumbu kacang yang pedas dan agak asam menambah kenikmatan siomay yang bisa dinikmati oleh para traveler dengan harga yang ramah di kantong tentunya. 
Penjual siomay khas Karimunjawa ini bisa ditemukan di seputaran Alun-Alun Karimunjawa. Anda bisa menikmati sepiring siomay sambil duduk lesehan dan menatap bintang malam hari karena memang jadwal bukanya pada Senin-Minggu, dari pukul 17.00-23.00 WIB. Tertarik berwisata kuliner di sini traveler yuuuk..


Masakan Karimunjawa


Menikmati beraneka ragam masakan khas dari Karimunjawa diantaranya adalah Pindang Serani dan ikan bakar bumbu srepeh. Sangat layak untuk dicoba selama kita di Karimunjawa.Temukan berbagai masakan khas karimunjawa untuk bisa anda nikmat selama di Karimunjawa.

Mengunjungi Perkampungan Nelayan
Anda bisa berkeliling sepuasnya menikmati dan bercengkrama dengan penduduk setempat yang sebagian besar adalah nelayan, tentu di tempat yang telah di tentukan ( Perkampungan Nelayan Karimunjawa )

Jalan-Jalan di Perkampungan Bugis Pulau Karimunjawa
     
          



dengan Mengisi uang kas secukupnya anda akan disuguhi acara penyambutan budaya setempat serta berbagai atraksi seperti pencaksilat dan lain-lain serta menikmati segarnya air kelapa muda, diharuskan memberitahu terlebih dahulu sebelum kedatangan.


CARA KE KARIMUNJAWA 


Info Keberangkatan dari Pelabuhan Terdekat Anda Klik Dibawah ini:
Berikut Jadwal Kapal Terbaru Ke karimunjawa
Info Terbaru Jadwal Penyeberangan Kapal dari dan ke Pulau Karimunjawa, termasuk jadwal penyeberangan Kapal Feri Siginjai dan Kapal Cepat Express Bahari dari Pelabuhan Kartini Jepara, KMC Express dari Pelabuhan Kendal, serta Kapal KMC Kartini 1 dan Kapal Pelni dari Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, untuk anda yang sedang mencari info jadwal penyeberangan kapal ke karimunjawa bisa lihat informasi dibawah ini.




JADWAL KAPAL FERI SIGINJAI JEPARA PP
Kapal KMP Feri Siginjai dengan semboyannya "Bangga Menyatukan Nusantara" adalah salah satu alternatif cara untuk mencapai Karimunjawa. Melayani pelayaran Jepara - Karimunjawa seminggu 4 kali, kapal ini menjadi favorit karena kapal lebih tenang akibat dari ukuran kapal yang besar dan lebih tahan gelombang serata goyangan akibat gelombang laut. perjalanan dari Pelabuhan Kartini menuju Pulau Karimunjawa memakan waktu kurang lebih 4 jam. Kapal feri Siginjai tidak hanya angkutan penumpang saja melainkan juga bisa mengangkut kendaraan roda dua, mobil pribadi dan truk serta bahan kebutuhan pokok penduduk Karimunjawa. Telpon langsung ke PT. ASDP INDONESIA FERRY (Persero) Cabang Jepara,  Jl. Kol. Sugiono No. 290, Jepara, Jawa Tengah, No. Telp. +62 291 591048
Walaupun KMP Siginjai Melayani penyeberangan kendaraan bermotor,  tidak disarankan untuk membawa kendaraan pribadi ke Karimunjawa. Alasannya sederhana: Maksimal wisatawan hanya akan berada 4 Hari di karimunjawa. 2 hari digunakan untuk perjalanan dari Jepara-Karimunjawa pp, 2 hari lagi dihabiskan untuk perjalanan wisata ke Pulau-pulau kecil di Karimunjawa. Jika dibutuhkan kendaraan sobat traveller bisa sewa di Karimunjawa dengan durasi 24 jam 75ribu saja. 
Jadwal Pelayaran Kapal Feri Rute Jepara Karimunjawa :
Juma't, Sabtu, Senin dan Rabu

Jadwal Pelayaran Kapal Feri Rute KarimunjawaJepara :
Minggu, Selasa, Kamis dan Jumat

JADWAL KAPAL EXPRESS BAHARI JEPARA PP
Kapal Express Bahari rute Jepara - Karimunjawa yang diberangkatkan dari pelabuhan Kartini Jepara sesuai dengan jadwal kapal tujuan ke Karimunjawa dengan durasi perjalanan laut kurang lebih 2-3 jam. Kapal Express dikhususkan hanya untuk penumpang saja, memiliki fasilitas full AC, TV, mini bar sekedar untuk order minuman botol, kopi, dan mie cup, serta bebas asap rokok.
 
Jadwal Pelayaran KMC Express Rute Jepara – Karimunjawa :
Juma't, Sabtu, Senin dan Selasa

Jadwal Pelayaran KMC Express Rute Karimunjawa – Jepara :
Minggu, Senin, Rabu dan Sabtu

JADWAL KAPAL KMC KARTINI 1 SEMARANG PP
Kapal KMC Kartini rute Semarang - Karimunjawa yang diberangkatkan dari pelabuhan Tanjung Emas Semarang sesuai dengan jadwal kapal tujuan ke Karimunjawa dengan durasi perjalanan laut kurang lebih 3-4 jam. Kapal KMC Kartini 1 dikhususkan hanya untuk penumpang saja, memiliki fasilitas full AC, TV, mini bar sekedar untuk order minuman botol, kopi, dan mie cup, serta bebas asap rokok. 
Jadwal Pelayaran KMC Kartini 1 Rute Semarang – Karimunjawa :
Juma't, Saja Melayani Carter Dihari Lain

Jadwal Pelayaran KMC Kartini 1 Rute Karimunjawa – Semarang :
Minggu, Saja

ADWAL KAPAL KMC EXPRESS BAHARI KENDAL PP
Kapal KMC Kartini rute Semarang - Karimunjawa yang diberangkatkan dari pelabuhan Tanjung Emas Semarang sesuai dengan jadwal kapal tujuan ke Karimunjawa dengan durasi perjalanan laut kurang lebih 3-4 jam. Kapal KMC Kartini 1 dikhususkan hanya untuk penumpang saja, memiliki fasilitas full AC, TV, mini bar sekedar untuk order minuman botol, kopi, dan mie cup, serta bebas asap rokok. 
Jadwal Pelayaran KMC Express Rute Jepara – Karimunjawa :
Juma't, Saja Melayani Carter Dihari Lain

Jadwal Pelayaran KMC Express Rute Karimunjawa – Jepara :
Minggu, Saja

KETERANGAN :
- Jadwal tersebut diatas merupakan rute dan waktu reguler (rutin) transportasi ke Karimunjawa
- Kapal KMC Express dan KMC Kartini 1 merupakan Kapal Penumpang Sementara Kapal Ferry Siginjai merupakan Kapal Penumpang dan Barang (motor, mobil,truk,dlsb)
- Dari Semarang melalui Pelabuhan Tanjung Mas, dari Kendal melalui Pelabuhan Kendal dan dari Jepara melalui Pelabuhan Kartini Jepara. 
- Jadwal Kapal Express dan KMC Kartini 1 hanya berangkat hari Jumat saja
- Jadwal tersebut dapat berubah jika ada pemberitahuan lebih lanjut tentang penambahan atau pembatalan jadwal sesuai kebijakan yang berlaku dari Dinas
- Peserta Tour / Penumpang kapal diharapkan untuk tiba di Pelabuhan 1 jam sebelum jadwal keberangkatan kapal

Tips Panduan ke Karimunjawa
Kepulauan karimunjawa terletak pada 5o 40’ LS dan 110o 40’ BT, berjarak 45 mil atau kurang lebih 83 Km arah Barat Laut Kabupaten Jepara, jika dari Semarang berjarak 60 Mil atau 110 Km Laut.
Wilayah Karimunjawa yang terdiri dari 7.120 ha daratan dan 110.117,30 ha perairan, memiliki 27 (dua puluh tujuh) pulau, yang terdiri dari : Karimun, Kemujan, Parang, Genting, Nyamuk, Bengkoang, Menjangan Besar, Menjangan Kecil, Galeang, Menyawakan, Seruni, Merica, Kembar, Katang, Kumbang, Krakal Besar, Krakal Kecil, Batu, Cemara Besar, Cemara Kecil, Burung, Sintok, Tengah, Kecil, Gundul, Cendikian dan Sambangan.
Ada pepatah yang mengatakan: Banyak jalan menuju Roma. Tapi untuk menuju Karimunjawa hanya ada dua jalan: Laut dan Udara. Sementara ini, perjalanan lewat udara sangat terbatas dan sangat sulit untuk booking tiketnya, jadwal penerbangan reguler hanya melayani dari Surabaya saja sementara dari Semarang harus join flight denga kura-kura resort, sehingga Anda harus menyarter pesawat terbang dari AVIASI Semarang (024. 761. 2282). Tersedia Jenis Pesawat Cesna 402 dengan kapasitas 6 orang penumpang atau Airfast dengan kapasitas 12 orang. Untuk update harga, bisa langsung telepon ke nomor diatas. Sedangkan melalui Jalan Laut, ada 5 (Lima) Kapal yang melayani perjalanan Reguler ke Karimunjawa: yaitu Kapal Feri Siginjai dan Kapal Express dari Jepara, Kapal Kartini 1 dan Kapal Pelni dari Semarang, Serta Kapal Express dari pelabuhan Kendal.

KEGIATAN DI KARIMUNJAWA
Perairan disini sangat bagus untuk mereka yang memiliki hobi senorkeling atau diving walaupun tidak menutup kemungkinan bagi mereka yang hobi swimming dan fishing.

Tidak perlu repot-repot untuk membawa peralatan senorkeling and diving, karena di Karimunjawa kita bisa menyewa alat-alat tersebut.

Alat senorkeling disewakan mulai Rp. 35.000,00 per hari. Jika menginginkan tempat yang sangat bagus untuk senorkeling, saya menyarankan untuk menyewa kapal nelayan (+ Rp. 600.000,00 per kapal per hari, kapasitas maksimal 15 penumpang termasuk abk) untuk menuju pulau menjangan kecil, kurang lebih 30 menit perjalanan dari Pulau utama Karimunjawa.

Untuk senorkeling, Anda tidak harus bisa berenang. Tidak perlu takut tidak bisa menikmati keindahan terumbu karang. Guide di karimunjawa sangat terlatih dalam menemani wisatawan baik yang bisa berenang ataupun tidak. Bagi yang tidak bisa berenang diwajibkan untuk menggunakan life fest, bagi yang bisa berenang, disarankan menggunakannya juga, agar lebih safe.

Atau jika anda dan keluarga tidak berani mengambil resiko, bisa menyewa perahu kaca (Glass Bottom Boat), yaitu sebuah perahu yang memiliki lantai/dasar dari bahan kaca tembus pandang, sehingga anda bisa menikmati keindahan terumbu karang dari dalam kapal. Harga bervariasi mulai Rp. 700.000. Harga biasanya disesuaikan dengan jarak tempuh lokasi.

Sementara untuk diving, Karimunjawa memiliki spot-spot diving asli (bukan buatan) yang sangat bagus untuk diving. Bagi pemula, bisa memanfaatkan jasa pemandu untuk melihat-lihat pemandangan didalam air dengan fee antara Rp. 150.000 – 250.000 per hari untuk maksimal 2 orang per pemandu selam. Satu set alat selam disewakan dengan harga Rp. 300.000,00 dengan satu tabung oksigen. Sedangkan untuk tabungnya saja, disewakan dengan harga Rp. 100.000,00 per tabung. Diwajibkan bisa berenang. Buat Anda yang  bisa berenang, yah… belajar berenang dulu baru belajar menyelam

MAKANAN

Tidak perlu kuatir tentang makanan jika anda tidak minta yang macam-macam seperti misalnya harus ada hamburger buat makan siang, atau pizza buat makan malam, (saat ini sudah tersedia pizza di Karimunjawa 2017) atau iga bakar lada hitam buat camilan (hehehe). Tidak perlu kuatir selama anda bisa mengkonsumsi makanan laut. Buat yang alergi atau tidak suka makanan laut,  ada beberapa pilihan seperti mie atau ayam dan sayur-sayuran. Agak sedikit susah mencari roti tawar dan  keju disini (saat ini sudah tersedia mini market di Karimunjawa 2017). Apalagi kalau mau memesan Milk Shake, Banana Split atau ice cream :D

TRANSAKSI KEUANGAN

Tidak ada bank besar disini.  Jadi jangan harap anda bisa berangkat hanya bermodalkan kartu ATM dan kartu kredit. Semua pembayaran harus menggunakan cash. Cuma di beberapa tempat (seperti travel agen atau resort besar)  menerima pembayaran melaluimobile banking atau kartu kredit dengan dikenakan biaya administrasi. Namun kabar baiknya adalah ATM BRI sudah ada disini.

TRANSPORTASI DARAT

Tidak ada transportasi darat umum disini. Namun anda bisa menemukan becak, ojek, dan mobil pribadi (espass, avanza, inova, pick up or L-300) yang bisa disewa dengan harga sekitar Rp. 350rb per trip.

CUACA di KARIMUNJAWA

Sangat sulit untuk memperkirakan cuaca. Bulan yang saya rekomendasikan adalah Maret s.d. Desember tiap Tahunnya. Untuk informasi perkiraan tinggi gelombang, bisa liha di BMKG.

Oya, jika cuaca bagus, saran saya, datang ke Karimunjawa pada tanggal 11-15 tiap bulannya. Bulan Purnama-nya tidak kalah dengan ‘Denpasar Moon yang lagi shining on the empty street !’

TIPS BERWISATA DI KARIMUNJAWA

Tabir Surya dan Anti Nyamuk
Jangan lupa untuk membawa tabir surya Anda. Sebaiknya Anda membeli tabir surya sebelum pergi ke Karimunjawa karena mungkin anda tidak bisa memilih jenis tabir surya yang sesuai dengan kulit anda disini. Anda akan menjumpai nyamuk di kepulauan Karimunjawa karena banyaknya semak-semak dan dekat dengan hutan tropis dataran rendah. Anti nyamuk tersedia luas dan dapat didapatkan pada toko-toko yang ada. Jangan Takut: TIDAK ADA penyakit malaria di Karimunjawa.

Akomodasi
Pelajari dan cari akomodasi sesuai kebutuhan anda: sekedar untuk tidur, kenyamanan atau bahkan exclusive. Jangan ‘gambling’ dengan modal ‘cari tahu saat di tempat tujuan’.  Jika anda memiliki budget extra, ada baiknya menggunakan jasa travel agent untuk mengatur wisata anda dan keluarga di Karimunjawa. Hanya saja anda benar-benar harus teliti dalam memilih travel agen, dikarenakan tidak banyak travel agent yang benar-benar menguasai dan mengetahui kondisi Karimunjawa. Carilah travel agent yang berlokasi di Karimunjawa dan atau dikelola oleh penduduk lokal Karimunjawa.

Jadwal Transportasi
Jadwal Transportasi yang terkadang berubah akan menyulitkan anda untuk mempersiapkan waktu. Keterbatasan tiket VIP juga akan menjadi kendala. Pastikan anda melakukan konfirmasi jadwal keberangkatan dengan bagian ticketing baik KMC Kartini 1 maupun KMP Muria sebelumnya.

Mata Uang
Mata uang yang digunakan di Karimunjawa yaitu Rupiah (IDR). Mayoritas pembayaran, persewaan alat, persewaan kapal dan pembayaran jasa hanya menggunakan rupiah dalam bentuk cash. Tidak tersedianya ATM membuat anda harus pandai-pandai mengatur keuangan anda. Jangan membawa uang terlalu banyak, namun juga jangan sampai anda kehabisan uang.

Ada beberapa hotel yang menerima penukaran mata uang asing (Dollar dan Euro) dengan rate berkurang sejumlah Rp. 1000 per Mata uang asing yang anda tukarkan.

Hewan Berbahaya
Berhati-hatilah terhadap beberapa hewan yang ada di pantai maupun diperairan dangkal. Kita akan melihat surga bawah air dengan segala keindahannya, warna yang eksotis dan menyenangkan, tapi jangan lupa bahwa ada sebagian yang berbahaya. Warna dan bentuk unik inilah yang biasanya menggoda wisatawan untuk lebih dekat dan menyentuh. Sangat direkomendasikan anda menggunakan jasa guide untuk aktivitas liburan anda di Karimunjawa.

Ubur-Ubur
Sengatan ubur-ubur dapat menimbulkan rasa sakit yang luar biasa, membuat kulit terbakar dan kemerahan serta menimbulkan pembengkakan. Hindari daerah dimana terlihat ubur-ubur dan JANGAN pernah untuk memegangnya bahkan ubur-ubur yang sudah mati sekalipun.

Anemon
Bentuk tubuh anemon seperti bunga, sehingga juga disebut mawar laut. Lipatan yang bundar diantara badan dan keping mulut membagi binatang ini kedalam kapitulum di bagian atas dan scapus bagian bawah. Di antara lengkungan seperti leher (collar) dan dasar dari kapitulum terdapat "fossa". Keping mulut bentuknya datar, melingkar, kadang-kadang mengkerut, dan dilengkapi dengan tentakel kecuali pada jenis Limnactinia, keping mulut tidak dilengkapi dengan tentakel. Beberapa anemon laut dapat bergerak seperti siput, bergerak secara perlahan dengan cara menempel. Sebagian besar anemon laut memiliki sel penyengat yang berguna untuk melindungi dirinya dari predator

Landak Laut / Bulu Babi / Sea Urchin  (Echinoidea)
Merupakan hewan yang biasanya hidup daerah pantai, atas batu karang, dasar laut, dalam lumpurdan muara sungai (dengan membenamkan diri di tanah liat atau di bawah karang). Hewan-hewan yang termasuk kelas ini berbentuk bundar tak berlengan, tetapi memilki duri yang dapat digerakkan.

Ikan Pari
Ikan pari banyak ditemukan dibawah pasir. Karena itu, jangan mengaduk-aduk pasir saat anda bermain-main di pantai. Ikan ini memiliki ekor yang tajam dan berbisa. Ikan ini bukan type yang agresif, bahkan cenderung akan lari menghindari kehadiran manusia. Hanya saja dalam proses 'pelariannya' ada kemungkinan ekornya menyabet anggota badan anda.

Ikan Batu / Stone Fish
Synanceia verrucosa, juga disebut sebagai batu karang atau dornorn, adalah ikan karnivora dengan jarum beracun yang tinggal di dasar terumbu karang, berkamuflase sebagai batu. Ikan ini merupakan ikan paling beracun di dunia..  Ikan ini memiliki panjang sekitar 30-40 cm. Ikan ini boleh dikatakan sangat sedikit bergerak. Bahkan seandainya ada predator didekatnya, dia akan tetap bergeming. Biasanya wisatawan akan secara tidak sengaja menginjak ikan ini. Oleh karena itu, pastikan bahwa anda selalu mengenakan alas kaki dan mengawasi tempat anda mengijakkan telapak kaki anda.

Scorpion Fish dan Lion Fish
Ikan ini memiliki warna-warni yang indah dan menakjubkan, sehingga membuat banyak wisatawan ingin memegangnya. JANGAN sekali-sekali melakukan itu. Ikan ini tergolong agresif dan memiliki bisa yang bisa berakibat fatal. Segera menjauh perlahan-lahan apabila anda melihat ikan ini dalam jarak yang sangat dekat.

Telekomunikasi
Sangat mungkin untuk menelpon dan menerima panggilan melalui handphone dengan menggunakan kartu dari Telkomsel, Indosat dan XL. Pengisian pulsa bisa dilakukan di berbagai toko yang ada di Karimunjawa. Saya merekomendasikan penggunaan kartu SIM Telkomsel, karena memiliki jangkauan yang lebih luas dan merata di Karimunjawa, dibandingkan operator lainnya.

Air dan Listrik
Listrik di Karimunjawa dipasok oleh PLTD (Pembangkit Listrik Tenaga Diesel), saat ini sudah hampir 24 jam. Pada beberapa homestay dan Hotel, penggunaan listrik masih menggunakan jasa PLTD. Namun lebih banyak lagi hotel yang memiliki generator sendiri.

Air untuk minum dan mencuci berasal dari mata air di daerah Legon Lele, yang berada pada komplek hutan lindung Taman Nasional Karimunjawa, yang memiliki air yang sangat segar dan tidak payau. Bagaimanapun, stok air sangat terbatas terutama pada musim kemarau. Gunakan air dengan bertanggungjawab.

Tingkat Kejahatan
Karimunjawa merupakan daerah dengan tingkat kejahatan rendah. Hal tersebut menjadi kebanggaan bagi penduduk Karimunjawa dan Pemerintah setempat. Anda bisa memperhatikan bahwa banyak sepeda motor yang diparkir dengan kunci tergantung di motor sepanjang hari atau rumah yang ditinggal pergi tanpa dikunci. Namun demikian, jangan terlena dengan tingkat kriminalitas yang rendah. Tetaplah berhati-hati dalam menjaga barang-barang anda, karena kejahatan timbul bukan hanya karena ada niat buruk pelakunya, tapi juga karena adanya kesempatan. Waspadalah.. waspadalah...

Fotografi 
Banyak terdapat kesempatan mengabadikan keindahan Karimunjawa dengan kamera anda, untuk ditunjukkan kepada teman atau keluarga. Saya merekomendasikan anda untuk membawa kamera yang bisa mengambil gambar/video di dalam air. Jika anda tidak memilikinya, anda bisa menyewa kamera digital bawah air di Karimunjawa. Harganya bervariasi mulai Rp. 150.000 – Rp. 350.000 per hari, sudah termasuk transfer ke Compact Disc.

Restauran 
Perairan Karimunjawa merupakan sumber makanan yang berlimpah. Ikan segar, cumi-cumi dan udang lobster merupakan makanan sehari-hari masyarakat Karimunjawa. Tidak banyak restauran di Karimunjawa. Hanya ada satu Warung Makan (Warung Bu Sintong atau  Warung Bu Ester) dan beberapa restauran di hotel dan resort di Karimunjawa.

Selamat berlibur, selamat bersenang-senang. Nikmati keindahan wisata karimunjawa dengan bertanggung jawab.


Daftar Pilihan Paket Lengkap Wisata Karimunjawa

Info Paket Lengkapnya Klik Dibawah ini:
Merencanakan liburan ke Karimunjawa tinggal klick www.paketwisatakarmunjawa.com informasi lengkap wisata karimunjawa hadir di depan anda, apakah anda telah lelah browsing kesana kemari mencari info paket wisata karimunjawa? anda telah berada di situs atau website yang tepat, karena kami telah berpengalaman, kami akan mengatur semua rencana liburan anda selama di Karimunjawa, membuat liburan anda nyaman aman menyenangkan so.. pasti berkesan di dalam kenangan anda, pengalaman kami mengatur perjalanan liburan di Karimunjawa telah bertahun-tahun bersama tim yang sangat profesional dibidangnya dan dibantu penduduk lokal Karimunjawa. 
Kami mengedepankan pelayanan terbaik, disamping kami memiliki orang-orang yang profesional, Kami bekerja sama sangat baik secara tim dan dengan melibatkan penduduk setempat, koordinasi Tim kami yang kompak, ramah, dan professional, kami memiliki tim ticketing sendiri yang kenyataannya mendapatkan kuota tiket ke Karimunjawa sangat sulit, dan peralatan kami yang cukup lengkap serta memiliki gudang ikan sendiri untuk menunjang acara bakar ikan (BBQ) dipulau Karimunjawa dengan jumlah peserta berapapun kami siap.



Judul: Informasi Lengkap Liburan Wisata Karimunjawa 2017; Ditulis oleh Paket Wisata Karimunjawa; Rating: 5 dari 5


Terimakasih atas kunjungan Anda beserta kesediaan Anda membaca artikel ini. Komitmen dan pelayanan serta keselamatan kami utamakan demi kenyamanan dan kesenangan anda sekalian.mengapa pelayanan kami yang terbaik, disamping kami memiliki orang-orang yang profesional, Kami bekerja sama sangat baik dengan penduduk setempat, koordinasi Tim kami yang kompak, ramah, dan bertanggung jawab
Share this article :

Email : timvisitkarimunjawa@gmail.com

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
customer service
PIN BB D9AEAF18
OFFICE : (0291) 4260109
M3: 085742588199 | TSEL: 082138172799

Visit Karimunjawa Jawa Tengah

Recommended Post

Contact Me Just by Mail or SMS

Terpopuler

 
Paket Wisata Karimunjawa Tour and Travel Mulai 500 Ribuan, Couple, Group, Company Outing, Study Tour, Adventure, Diving, Snorkeling, Paket Bulan Madu Contact TimVisitKarimunjawa Hotline. (0291) 3333215
Support : Design by Creating Website
Copyright © 2011. Paket Wisata Karimunjawa Murah Open Trip 500Rb Tour Travel Promo Harga 2017 2018 - All Rights Reserved
Paket Wisata Karimunjawa Tour and Travel Mulai 500 ribuan, Couple, Group, Company Outing, Study Tour, Adventure, Diving, Snorkeling, Paket Bulan Madu