24/7 Support number +62- 821 - 3817 - 2799

Informasi Lengkap Liburan Wisata Karimunjawa 2024

INFO WISATA KARIMUNJAWA ISLANDS!

  • Best Time To Visit Karmunjawa (waktu terbaik berkunjung ke Karimunjawa)
  • Tips Wajib Tahu Sebelum Berangkat ke Karimunjawa
  • Rincian Biaya Trip Karimunjawa
  • Cara Mudah Menuju ke Karimunjawa
  • Tiket Masuk Karimunjawa
  • Pilihan Akomodasi Terbaik di Karimunjawa
  • Kegiatan Yang Biasa dilakukan di Karimunjawa
  • Pusat Informasi Penting di Pulau Karimunjawa
  • Informasi Promo Paket Wisata Karimunjawa
Berikut informasi lengkap seputar wisata Karimunjawa islands, beragam infomasi penting akan kami ulas secara lengkap disini terutama tentang kapan waktu terbaik untuk mengunjungi pulau Karimunjawa, tips penting sebelum berkunjung, rincian biaya wisata selama di Karimunjawa, cara termudah datang ke Karimunjawa, mengetahui tiket apa saja di karimunjawa, pilihan akomodasi terbaik di Karimunjawa atau jenis penginapan hotel, resort, cottages dan homestay, tidak kalah penting kira-kira hal seru apa saja yang bisa dilakukan atau agenda wisata selama di pulau Karimunjawa.

Kepulauan karimunjawa terletak pada 5o 40’ LS dan 110o 40’ BT, berjarak 45 mil atau kurang lebih 83 Km arah Barat Laut Kabupaten Jepara, jika dari Semarang berjarak 60 Mil atau 110 Km Laut. Wilayah Karimunjawa yang terdiri dari 7.120 ha daratan dan 110.117,30 ha perairan, memiliki 27 (dua puluh tujuh) pulau, yang terdiri dari : Karimun, Kemujan, Parang, Genting, Nyamuk, Bengkoang, Menjangan Besar, Menjangan Kecil, Galeang, Menyawakan, Seruni, Merica, Kembar, Katang, Kumbang, Krakal Besar, Krakal Kecil, Batu, Cemara Besar, Cemara Kecil, Burung, Sintok, Tengah, Kecil, Gundul, Cendikian dan Sambangan.

Best Time To Visit Karmunjawa 

Pulau Karimunjawa saat ini menjadi daerah tujuan wisata yang sangat diminati banyak wisatawan dan menjadikan destinasi favorit perjalanan liburan mereka, namun terkadang karena terkendala waktu cuti dan tanggal libur nasional waktuk berkunjung Karimunjawa bisa dilakukan kapan saja sesuai perpikaraan mereka dan ini menjadi kurang baik ketika akhirnya terkendala cuaca.
berikut waktu yang terbaik atau best time nya mengunjungi pulau Karimunjawa yaitu masuk bualan April, Mei, Juni, Juli, September, Oktober dan November. Dibulan-bulan inilah suasana langit cenderung konsisten cerah dengan sedikit berawan, atau waktu toleransi yakni mulai akhir Februari hingga Desember, selain di waktu bulan-bulan ini biasanya akan terkendala angin dan cuaca musim hujan yang terkadang ekstrim. Walaupun demikian cuaca tahun-tahun belakangan ini bisa berubah-ubah dan akan lebih baik jika bisa update informasi melalui web cuaca atau bisa menghubungi kami untuk mendapatkan info cuaca di Karimunjawa.
Di Pulau Karimunjawa terkenal dengan musim angin barat dan musim angin timur sehingga mempengaruhi wisata laut mengunjungi pulau-pulau di Karimunjawa dan menentukan spot Snorkeling atau Diving. Waktu terbaik untuk pergi berlibur ke Karimunjawa adalah ketika musim angin barat yaitu di bulan-bulan seperti April, Mei dan Juni dengan Spot terbaiknya meliputi Pulau Kecil, Pulau Tengah dan Pulau Sintok. Sedangkan waktu dimusim angin timur bulan-bulan terbaiknya adalah September, Oktober dan November dengan spot-spot terbaiknya yaitu Pulau Menjangan Kecil, Pulau Cemara Kecil/Besar dan Pulau Geleang.

Tips Wajib Diketahui Saat ke Karimunjawa

Sebelum memutuskan untuk berangkat untuk liburan ke Karimunjawa ada beberapa tips dan informasi penting sebaiknya diketahui terlebih dahulu berikut diantaranya:

Protokol kesehatan wisata : dimasa sekarang ini saat pandemi penting untuk selalu waspada dan menghindari resiko seminimal mungkin dan tidak bosan-bosanya saling mengingatkan untuk jaga jarak, selalu menggunakan masker, menjaga kebersihan tangan dengan menggunakan atau membawa hand sanitizer, hindari menyentuh area wajah seperti mata, hidung, dan mulut, memersihkan handphone, kacamata, dan barang lainnya dengan cairan disinfektan dan yang lebih penting adalah memastikan diri dalam keadaan fit dan benar-benar sehat salah satunya bisa melalui fasilitas kesehatan sebelum memutuskan berangkat.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Catat, Protokol Kesehatan untuk Pengunjung Tempat Wisata, Seperti Apa?", https://travel.kompas.com/read/2020/06/25/103000727/catat-protokol-kesehatan-untuk-pengunjung-tempat-wisata-seperti-apa-?page=all.
Penulis : Nabilla Ramadhian
Editor : Kahfi Dirga Cahya
Jadwal kapal Karimunjawa : tanpa informasi yang pasti mengenai transportasi yang melayani rute ke pulau Karimunjawa, maka rencana liburan  bisa saja menjadi gagal, oleh sebab itu penting untuk mengetahui terlebih dahulu karena transportasi tujuan Karimunjawa bisa berubah sewaktu-waktu. Untuk transportasi ke Karimunjawa diantaranya bisa melalui laut dengan kapal penyeberangan yaitu dari pelabuhan Tanjung Emas Semarang (dilayani kapal KMC Kartini dan kapal Pelni) dan dari pelabuhan Kartini Jepara (dilayani kapal Feri Siginjai dan kapal Express Bahari ). Info lengkap penjualan tiket kapal 082-333-333-102.
Jadwal pesawat Karimunjawa : Sedangkan melalui udara bisa bisa menggunakan penerbangan melalui bandara Ahmad Yani Semarang (pesawat Wings Air dan Airfast Indonesia) atau bandara Surabaya (pesawat Airfast Indonesia).
Telekomunikasi :  saat ini di Karimunjawa Sangat mungkin untuk menelpon dan menerima panggilan melalui handphone dengan menggunakan kartu dari Telkomsel, Indosat dan XL. Pengisian pulsa bisa dilakukan di berbagai toko yang ada di Karimunjawa. Sementara untuk rekomendasi penggunaan baik panggilan telp dan inetrnet adalah kartu SIM Telkomsel, karena memiliki jangkauan yang lebih luas dan merata di Karimunjawa juga sudah 4G, dibandingkan operator lainnya.
Transaksaksi keuangan : kabar baik yaitu ATM BRI sudah ada di Karimunjawa namun terkadang ada gangguan, Di Krimunjawa ada satu Bank saja yaitu Bri. Jadi jangan harap anda bisa berangkat hanya bermodalkan kartu kredit saja. Semua pembayaran harus menggunakan cash. Cuma di beberapa tempat (seperti travel agen atau resort besar)  menerima pembayaran melalui mobile banking atau kartu kredit dengan dikenakan biaya administrasi.
Hewan yang perlu diwaspadai :
Ubur-Ubur, Anemon, Landak Laut / Bulu Babi / Sea Urchin  (Echinoidea), Ikan Pari, Ikan Batu / Stone Fish, Scorpion Fish dan Lion Fish, Ular Edor begitulah namanya yang dikenal oleh masyarakat setempat, atau kalau orang Bugis Karimunjawa mengatakan dengan nama kaleleng adalah jenis ular tanah (Calloselasma rhodostoma) atau sejenis ular bandotan yang amat berbisa / bandotan berdekik (Crotalinae).

Baca Juga : Paket Karimunjawa  3 Hari 2 Malam

Rincian Biaya Wisata Karimunjawa

untuk mengetahui rincian biaya wisata ke Karimunjawa bisa mengetahui item yang penting apa saja sehingga kisaran biayanya bisa disiapkan terlebih dahulu. diataranya adalah transportasi dari kota asal menuju meeting poin, selanjutnya biaya tiket kapal penyeberangan pergi pulang, biaya sewa transportasi dan penginapan selama di Karimunjawa, budget untuk makan dan kegiatan agenda menikmati wisata selama di Karimunjawa. Budget atau biaya bisa beubah-ubah bila kondisi seperti lows eason, high season atau peak seson dan hal lain karena semua akomodasi biasanya menjadi sangat terbatas atau sebaliknya.

Cara Mudah Menuju Karimunjawa :

untuk menuju Karimunjawa dari kota asal bisa langsung menuju ke meeting poin yaitu di pelabuhan Tanjung Emas Semarang atau pelabuhan Kartini Jepara, jika menggunakan transportasi darat dengan kendaraan pribadi, kendaraan biasa parkir di area pelabuhan untuk durasi 2-3 hari dengan tarif kurang dari 100rb. Jika dengan kendaraan umum bisa turun di area kota dan lenjut dengan kendaraan online menuju pelabuhan.

Tiket Masuk Karimunjawa 

selain tiket kapal untuk menyeberang masuk ke pulau Karimunjawa ada beberapa tiket masuk yang di kenakan pada wisatawan dibeberapa spot wisata baik saat wisata darat maupun laut untuk mengunjungi pulau-pulau.

Pilihan Akomodasi di Karimunjawa 

pihan akomodasi seama di Karimunjawa mungkin sangat tergantu dari budget yang telah dialokasikan misalnya penginapan ada beberapa pilihan penginapan mulai yang paling murah semisal homestay hingga penginapan hotel atau resort dengan view terbaik tentu saja harganya berda. Untuk pilihan penginapan homestay biasaanya menawarkan fasilitas yang di lengkapi dengan AC yang memiliki kamar mandi di dalam maupun yang non AC yang menggunangan fasilitas fan atau kipas angin dengan kamar mandi di dalam atau ada juga yang di samping kamar, hampir semua homestay memberikan layanan gratis minuman hangat atau panas berupa teh, kopi maupun sekedar mineral water, menikmati wisata karimunjawa dengan penginapan homestay yang dapat berinteraksi dengan warga setempat bisa di sebut juga ekowisata (ecotourism) atau Eco-homestay bernuansakan kedaerahan (tradisional), alami, bersih, sehat, aman, tertib dan ramah lingkungan. Akomodasi untuk darat selama di Karimunjawa bisa menggunakan jasa sewa mobil dengan perhitungan sekali jalan di kisaran Rp.100rb untuk 4-5 orang atau perhari di ksaran Rp.450rb jika ingin hemat bisa sewa motor matik perhari sekitar Rp.75-100rb. Sementara untuk agenda wisata laut island Hopping dan snorkeling lengkap sekita Rp.250rb. Harga semua akomodasi bisa berubah tergantung kondisi yang ada. Untuk memenuhi kebutuhan belanja kecil harian terdapat beberapa toko dan minimarket sederhana yang bisa dikunjungi.

Kegiatan Yang Bisa Dilakukan di Karimunjawa  

banyak hal yang bisa dilakukan saat mengunjungi Karimunjawa diantaranya land tour atau tour darat menikmati pantai-pantai disekitar Karimunjawa dan Kemujan mengunjungi tempat wisata perbukitan yang sedang populer untuk memandang panorama kepulauan Karimunjawa dengan suasana sunrise dan sunset, tentu saja sangat mudah untuk diakses kendaraan atau wisata laut snorkeling, diving, mancing, main pantai, mengunjungi penangkaran hiu, picnic lunch BBQ, hunting foto dll. Dan yang tak kalah penting adalah kuliner seafod di alun-alun Karimunjawa dengan belanja souvenir khas pulau Karimunjawa.

Pusat Informasi Karimunjawa 

guna menjamin keamanan, kenyamanan dan kesehatan ada bebrapa nomor penting yang perlu diketahui di antaranya adalah puskesmas di Karimunjawa (0297) 312137 faslitas kesehatan di pulau Karimunjawa saat ini terbilang cukup memadai untuk kebutuhan kesehatan warga dan mendukung kegiatan wisata, berikutnya nomor pelabuhan Karimunjawa jika mengingin update jadwal kapal kembali baik menuju Semarang maupun Jepara (0297) 312121, sedangkan nomor kantor polsek setempat adalah (0297) 312210.

Informasi Promo Paket Wisata Karimunjawa

Bagi wisatawan yang tidak mau ribet dengan hal-hal yang memusingkan kami menyediakan beragam paket menarik promo Karimunjawa sepesial dan siap membantu segala informasi yang dibutuhkan agar liburan dapat berjalan lancar, aman, nyaman dan menyenangkan.
Mau wisata atau liburan di pulau Karimunjawa silakan hubungi kami Tim Visit Karimunjawa dan nikmati penawaran harga terbaik dan info-info penting seputar Karimunjawa sekarang juga. Panorama hamparan pasir putih didepan mata, matahari yang cerah baik sunrise dan sunset, laut biru, indahnya  terumbu karang yang berwarna-warni, dan ikan-ikan hias yang berenang dikejernihan air, sungguh pemandangan yang indah dan menyenangkan bukan?!


Karimunjawa sangat cocok sebagai tempat untuk melepas kepenatan, kejenuhan, stres, apalagi bagi anda yang selalu disibukkan dengan rutinitas pekerjaan setiap hari di kantor. Jika anda suka bebas berpetualang, anda akan terpesona dan betah di pulau Karimunjawa, suasananya, kenyamannya panoramanya dan keaslianya tampak segar dan menyenangkan dimata. Banyak sekali spot darat dan laut yang bagus-bagus dan menarik untuk dikunjungi dan dinikmati. Suasananya yang begitu tenang, nyaman dan jauh dari manapun. dan yang paling penting adalah aman karena tingkat kejahatan dan kriminalitas di pulau Karimunjawa boleh dibilang tidak ada atau sangat minim loh..


Ngapain Saja Saat di Karimunjawa

Snorkeling di Pulau-Pulau Karimunjawa

  • Senorkeling Karimunjawa 

Menikmati Indahnya alam bawah laut dengan aktivitas snorkeling dan berenang sepuasnya tentu anda akan melakukannya. Di Karimunjawa Anda akan mendapatkan sensasi snorkeling berenang bersama ikan-ikan dan melihat pemandangan terumbu karang bawah laut. Sobat traveller tidak perlu bersusah payah belajar menyelam atau diving hanya untuk menikmati pemandangan bawah laut, cukup dengan snorkeling di lokasi atau spot yang ditentukan dan sedikit keberanian untuk melihat ke kedalaman maka keindahan tersebut akan menjadi milik anda.


Seorang dive master lokal atau guide yang mendampingi anda, akan senantiasa menjaga dan menuntun serta menjelaskan mengenai beragam jenis biota yang hadir dihadapan kita. Jarak pandang dalam air yang begitu luas, tidak perlu khawatir, alam mempersilahkan kita untuk melihat sejauh 8 - 15 meter. Taman Nasional Laut Karimunjawa menyimpan pesona laut yang terlalu indah untuk dilewatkan dari daftar liburan Anda.



  • Diving di Karimunjawa 
Banyak tempat menyelam di Indonesia, tetapi Karimunjawa mempunyai kelebihan. Perairan Karimunjawa kaya dengan keanekaragaman spesies langka dan sisa-sisa kapal karam tempoe doeloe yang sudah di tumbuhi indahnya terumbu karang. Hal ini merupakan pemandangan yang menakjubkan! lokasi tempat tenggelamnya kapal Indonor Wreck Ship. Kapal Indonor tenggelam di Kepulauan Karimunjawa pada tanggal 7 Februari 1960 saat berlayar dari Palembang ke Surabaya dengan angkutan batubara.
Suasana di tempat ini terasa sangat sunyi dan misterius, pilar-pilar besi kapal terlihat berkarat seiring berjalannya waktu, lalu banyak juga terumbu karang (soft coral) berwarna-warni yang sangat indah berjuang untuk hidup dan tumbuh pada puing puing kapal. Kapal SS Indonor yang terbuat dari baja ini merupakan kapal kargo tipe “Scandinavian” dengan bobot mati 2858 GT (Gross tonne). Kapal Indonor termasuk kapal General Cargo yang sengaja dirancang untuk mampu membawa bermacam-macam jenis barang, Jenis kapal seperti ini sangat dibutuhkan pada masa Perang Dunia II.




Sebagai kapal kargo, kapal ini juga memiliki cren yang difungsikan untuk mengangkat muatan keluar dan masuk palka kapal. Kapal Indonor memiliki panjang keseluruhan 327.9 feet (99,94 meter) dan lebar 46.5 feet (14,17 meter). Kapal ini ditenagai mesin uap Tripel-ekpansi (T3cyl) berbahan bakar batubara. SS Indonor mampu bergerak dengan kecepatan 10 knot/jam. Sebagai kapal bermesin uap, dalam SS Indonor terdapat 2 tabung besar penyimpan uap yang sering disebut dengan boiler. Tabung boiler ini memiliki diameter sekitar 2 meter dan panjang lebih dari 4 meter dan dapat ditemukan ditengah kapal.

  • Hopping Islands 

Wajib bagi sobat traveller jika berwisata di pulau Karimunjawa, untuk berkeliling mengunjungi pulau-pulau kecil yang terdiri dari 27 pulau di Kepulauan Karimunjawa yang terkenal indah ini, sobat traveller bisa menggunakan jasa kapal tradisional untuk mengunjungi beberapa pulau terdekat dari pulau utama Karimunjawa. Berikut dibawah ini beberapa gambar pemandangan pulau di Karimunjawa.




  • BBQ, Picnic Lunch (Makan Siang Bakar Ikan di Pulau)
Setelah mengelilingi beberapa pulau kecil di kepulauan Karimunjawa sambil beraktifitas snorkeling maupun diving menikmati pemandangan alam bawah laut, maka tiba saatnya menikmati makan siang dengan bakar ikan di pulau terdekat dari spot snorkeling atau diving. Sehabis makan siang biasanya sobat traveller dapat main pantai, hunting foto, berjemur, dan berenang di pinggir pantai untuk terapi air laut.



  • Terapi Air Laut 
Yang menarik di Karimunjawa adalah dapat Menikmati Terapi Air Laut. Laut menyimpan berjuta kekayaan. Bukan hanya berupa terumbu karang dan ikan yang beraneka ragam, juga rahasia kecantikan yang melatari mitos para putri duyung. Rahasia kecantikan dari laut itu, diungkap melalui thalassotherapy, yang berasal dari bahasa Yunani, thalasa, yang berarti laut. Dalam praktiknya, terapi ini menggunakan air laut serta material laut lainnya, termasuk pasir, lumpur, dan rumput laut.



Terapi ini juga dipercaya bisa membuat kulit lebih bercahaya dan menghilangkan selulit. Sejak dulu laut dipercaya memberikan manfaat positif bagi kecantikan kulit karena mampu membuka pori-pori dan menarik kotoran di dalamnya, meninggalkan kulit yang bersih, dan halus di bawahnya. Awalnya, thalassotherapy berkembang di pesisir Inggris dan Prancis sekitar abad ke-19.
Terapi ini juga telah dilakukan bangsa Mesir sejak 3000 tahun lalu. Mengadaptasi terapi yang telah berusia ribuan tahun tersebut, kini banyak hotel berbintang dan resort spa premium di seluruh dunia yang menawarkan terapi air laut ini. Penggemarnya pun menyebar luas, mulai di belahan bumi utara hingga selatan. 
Apa yang membuat thalassotherapy begitu menarik? Kandungan garam mineral dalam air laut, seperti magnesium, potasium, kalsium, sodium, dan iodium, mudah terserap ke dalam kulit, yang kemudian berfungsi mengikat kotoran dan radikal bebas dalam kulit, membuat kulit terasa lebih segar karena terbebas dari kotoran yang menyumbat. 
Lainnya, garam-garam mineral tersebut juga mampu memperlancar sirkulasi darah sehingga kulit terlihat lebih sehat. Manfaat air laut ini diamini peneliti dari Institut Teknologi Bandung, Dr Ir Nelson Sembiring M.Eng. Ia mengatakan Air laut justru kaya mineral, terutama kandungan magnesiumnya yang cukup tinggi. 
Lebih lanjut, Nelson menjelaskan bahwa magnesium, selain berguna bagi kesehatan, juga memiliki manfaat kecantikan karena mampu mengangkat sel kulit mati yang tidak dapat dilakukan sabun biasa. Karenanya, garam-garam mineral ini banyak digunakan sebagai campuran air, pasta, dan lotion spa.
  • Pulau Menjangan Kecil 
Selain menyuguhkan keindahan laut nan memesona, Pulau Menjangan Kecil di perairan Karimunjawa, ternyata berpotensi menyembuhkan beragam penyakit. Konon, kandungan air laut di perairan tersebut mampu menetralisir racun yang ada di dalam tubuh.
Setelah 20 menit berlayar dari pelabuhan Karimunjawa, pengunjung akan diminta melakukan pemanasan dengan melakukan peregangan secukupnya sebelum mendekati pantai. Setelah peregangan, Anda hanya perlu mengambang sambil menikmati ayunan ombak. Percaya atau tidak, cara itu ampuh untuk mengobati penyakit seperti sakit kepala sebelah dan pegal-pegal. Lebih jauh lagi, penyakit berat seperti stroke bisa disembuhkan jika rutin melakukan terapi tersebut.




Air laut mengandung magnesium, potasium, kalsium sulfat, dan sodium. Air laut memiliki khasiat yang baik bagi tubuh dan kecantikan kulit. Saat berendam dalam air laut, ion dan mineral yang terkandung di dalamnya memiliki manfaat, di antaranya: Melancarkan sirkulasi darah, memperkuat otot jantung, melancarkan sistem pernapasan, meningkatkan produksi sel darah merah, menyehatkan dan menutrisi kulit tubuh sehingga lebih bercahaya.
Karena itulah, mulai dikenal terapi air laut yang disebut Thallasotherapy, yang merangkum semua manfaat air laut dalam bentuk relaksasi, revitalisasi tubuh, sekaligus peremajaan kulit, karena memiliki kandungan lebih dari 80 jenis mineral, termasuk Magnesium, Kalium, Besi, Kalsium, Boron, Selenium & Zinc yang merupakan cairan isotonis yang dapat membantu menjaga keseimbangan reaksi metabolisme di dalam tubuh.
Sari air laut alias nigari memang multikhasiat untuk menyehatkan jantung dan limbah garam itu mampu menambah kualitas kecantikan wanita. Tatsuya Kosaka meriset untuk membuktikannya, menurut hasil penelitian tersebut magnesium dalam sari air laut bisa membakar lemak dan mengeluarkan cairan tak berguna dalam tubuh.
Menurut informasi di Jepang, kalangan muda mudi terutama remaja perempuan, katanya selalu membawa sari air laut, gunanya menjaga tubuh tetap langsing dan terhindar dari penyakit kolesterol walau memakan apa pun !!   Luar biasa bukan...?? Di Karimunjawa cukup dengan berendam dan rileksasi atau berenang sambil senorkeling disamping melihat keindahan biota bawah laut kita telah melakukan terapi, menyenangkan bukan?
  • Penangkaran Hiu 

Mendengar kata Ikan Hiu mungkin kedengarannya menakutkan, karena hewan laut yang satu ini memang terkenal sangat buas dan menyeramkan, tapi tidak untuk di Karimunjawa. Di pulau menjangan besar Karimunjawa dikenal sebagai tempat penangkaran ikan hiu. kita bisa menjumpai banyak ikan hiu disana, rasanya sangat menarik melihat ikan-ikan  hiu yang terkenal sangat buas dan ganas tersebut berada di depan mata kita.
Bagi Anda yang punya nyali dan keberanian, cobalah memacu adrenalin dengan berenang bersama ikan hiu tersebut. tak perlu khawatir, ada pemandu HPI Karimunjawa yang akan menemani Anda. Untuk beberapa saat Anda bisa menjadi sahabat ikan hiu. Sangat menarik bukan bermain-main dengan ikan hiu yang buas. Tetapi perlu di ingat, harus tetap waspada ya..
  • Tips dari Tim Visit Karimunjawa (Berenang Bersama Hiu)
- Jangan membuat ikan hiu tertekan karena akan membuat hiu jadi agresif.
- Jika terdapat luka di tubuh, sebaiknya hindari berenang bersama hiu
- Saat dikolam hiu posisi tangan harus diangkat
- Bersikap tenang dan tidak panik saat di kolam
- Tidak disarankan masuk ke kolam hiu saat kunjungan tamu meningkat seperti saat high seson, karena ratusan wisatawan diperkirakan juga masuk ke kolam hiu dari pagi hingga sore sehingga di khawatirkan hiu menjadi agresif dan menggigit akibat stres.

Info : Tiket masuk penangkaran hiu Menjangan Kecil adalah IDR: 20.000/orang
  • Berjemur di Pantai Pasir Putih

Hamparan pasir putih, matahari yang bersinar cerah, lautan yang biru, seolah menjadi milik anda. Berjemur di pantai, di Karimunjawa Anda bisa menikmati paparan sinar matahari di atas pasir putih dengan santai sambil merasakan suasana pantai yang tenang ditemani hembusan angin sepoi-sepoi dan panorama laut yang indah.
  • Mancing di Karimunjawa 

Memancing, di karimunjawa kaya akan bermacam-macam ikan. Bagi anda yang hobi memancing disinilah tempat yang tepat untuk menyalurkan hobi anda. Bermain air dan berenang sambil berfoto-foto dengan keluarga, teman maupun kekasih.

  • Menikmati Sunrise dan Sunset

Menikmati saat matahari terbit dengan suasana laut dipagi hari saat di Karimunjawa adalah momen yang indah serasa menyegarkan, apalagi sekaligus dapat menikmati sunset saat matahari mulai terbenam di sore hari saat dimana siluet keindahan alam ini terpancar dengan indahnya maka menjadi sangat lengkap suasana bahagia hati anda bila Anda menikmati semua keindahan ini saat berlibur di pulau Karimunjawa.

  • Alun-Alun Karimunjawa 
Karimunjawa, tak sekadar keindahan bawah laut dan wisata bahari yang menjadi magnet wisatawan. Di Alun-alun Karimunjawa, Anda bisa berwisata belanja souvenir dan kuliner dengan berbagai pilihan menu makanan yang khas.




Sebagai sebuah wilayah kepulauan, Karimunjawa terkenal akan olahan seafoodnya. Bahkan, Karimunjawa dikenal sebagai pemasok hasil laut terbesar di Pulau Jawa. Tak heran di Alun-alun Karimunjawa terdapat banyak sekali warung lesehan yang menjajakan hasil laut nelayan Karimunjawa.
Seafood sendiri telah menjadi sajian khas sehari-hari masyarakat Karimunjawa. Aneka olahan ikan, udang, dan cumi-cumi, baik itu dibakar ataupun digoreng bisa dijumpai di Alun-alun Karimunjawa. Selain itu, seafood juga bisa diolah menjadi Bakso Ikan yang rasanya tak kalah lezat dengan bakso berbahan daging sapi.
Tak hanya itu, masakan ikan juga bisa berupa Pindang Serani. Pindang Serani ini semacam sup ikan yang terbuat dari ikan Bandeng dan bercitarasa pedas, asam dan manis, semua berpadu menjadi satu. Sangat cocok untuk disantap di siang hari yang panas. Makanan jenis lain yang dapat Anda temukan adalah garang asem Kudus, timlo Solo, mendoan Purwokerto, dan swikee Purwodadi. Tak mau ketinggalan ada tongseng Cumi dan lontong Krubyuk yang siap menggoyang lidah para sobat traveler ketika berkunjung ke Karimunjawa.


Satu lagi yang patut dicoba adalah Siomay Karimunjawa. Siomay ini telah mendapat sentuhan tangan lokal sehingga bercitarasa khas Karimunjawa dan digemari banyak orang. Siomay ini disajikan bersama tahu, kentang, telur rebus, dan sayuran berupa kol dan paria yang telah direbus. Tambahan taburan bawang goreng yang renyah menambah gurih rasa siomay yang lezat ini. Rasa ikan Tenggiri yang kuat berpadu dengan rasa bumbu kacang yang pedas dan agak asam menambah kenikmatan siomay yang bisa dinikmati oleh para traveler dengan harga yang ramah di kantong tentunya.
Penjual siomay khas Karimunjawa ini bisa ditemukan di seputaran Alun-Alun Karimunjawa. Anda bisa menikmati sepiring siomay sambil duduk lesehan dan menatap bintang malam hari karena memang jadwal bukanya pada Senin-Minggu, dari pukul 17.00-23.00 WIB. Tertarik berwisata kuliner di sini traveler yuuuk..
  • Masakan di Karimunjawa 

Menikmati beraneka ragam masakan khas dari Karimunjawa diantaranya adalah Pindang Serani dan ikan bakar bumbu srepeh. Sangat layak untuk dicoba selama kita di Karimunjawa. Temukan berbagai masakan khas karimunjawa untuk bisa anda nikmat selama di Karimunjawa.

  • Mengunjungi Perkampungan Nelayan 

Anda bisa berkeliling sepuasnya menikmati dan bercengkrama dengan penduduk setempat yang sebagian besar adalah nelayan, tentu di tempat yang telah di tentukan ( Perkampungan Nelayan Karimunjawa )

  • Jalan-Jaan di Perkampungan Bugis Karimunjawa

          


dengan Mengisi uang kas secukupnya anda akan disuguhi acara penyambutan budaya setempat serta berbagai atraksi seperti pencaksilat dan lain-lain serta menikmati segarnya air kelapa muda, diharuskan memberitahu terlebih dahulu sebelum kedatangan.
Info Terbaru Jadwal Penyeberangan Kapal dari dan ke Pulau Karimunjawa, termasuk jadwal penyeberangan Kapal Feri Siginjai dan Kapal Cepat Express Bahari dari Pelabuhan Kartini Jepara, KMC Express dari Pelabuhan Kendal, serta Kapal KMC Kartini 1 dan Kapal Pelni dari Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, untuk anda yang sedang mencari info jadwal penyeberangan kapal ke karimunjawa bisa lihat informasi dibawah ini.


JADWAL KAPAL FERI SIGINJAI JEPARA PP
Feri Siginjai dengan semboyannya "Bangga Menyatukan Nusantara" adalah salah satu alternatif cara untuk mencapai Karimunjawa. Melayani pelayaran Jepara - Karimunjawa seminggu 4 kali, kapal ini menjadi favorit karena kapal lebih tenang akibat dari ukuran kapal yang besar dan lebih tahan gelombang serata goyangan akibat gelombang laut. perjalanan dari Pelabuhan Kartini menuju Pulau Karimunjawa memakan waktu kurang lebih 4 jam. Kapal feri Siginjai tidak hanya angkutan penumpang saja melainkan juga bisa mengangkut kendaraan roda dua, mobil pribadi dan truk serta bahan kebutuhan pokok penduduk Karimunjawa. Telpon langsung ke PT. ASDP INDONESIA FERRY (Persero) Cabang Jepara,  Jl. Kol. Sugiono No. 290, Jepara, Jawa Tengah, No. Telp. +62 291 591048
Walaupun KMP Siginjai Melayani penyeberangan kendaraan bermotor, tidak disarankan untuk membawa kendaraan pribadi ke Karimunjawa. Alasannya sederhana: Maksimal wisatawan hanya akan berada 4 Hari di karimunjawa. 2 hari digunakan untuk perjalanan dari Jepara-Karimunjawa pp, 2 hari lagi dihabiskan untuk perjalanan wisata ke Pulau-pulau kecil di Karimunjawa. Jika dibutuhkan kendaraan sobat traveller bisa sewa di Karimunjawa dengan durasi 24 jam 75ribu saja.


Jadwal Pelayaran Kapal Feri Rute Jepara Karimunjawa :
Juma't, Sabtu, Senin dan Rabu

Jadwal Pelayaran Kapal Feri Rute KarimunjawaJepara :
Minggu, Selasa, Kamis dan Jumat

JADWAL KAPAL EXPRESS BAHARI JEPARA PP
Kapal Express Bahari rute Jepara - Karimunjawa yang diberangkatkan dari pelabuhan Kartini Jepara sesuai dengan jadwal kapal tujuan ke Karimunjawa dengan durasi perjalanan laut kurang lebih 2-3 jam. Kapal Express dikhususkan hanya untuk penumpang saja, memiliki fasilitas full AC, TV, mini bar sekedar untuk order minuman botol, kopi, dan mie cup, serta bebas asap rokok.


Jadwal Pelayaran KMC Express Rute JeparaKarimunjawa :
Juma't, Sabtu, Senin dan Selasa

Jadwal PelayaranKMC Express Rute KarimunjawaJepara :
Minggu, Senin, Rabu dan Sabtu

JADWAL KAPAL PELNI SEMARANG PP
Kapal Pelni (Kelimutu dan Lawit) rute Semarang - Karimunjawa yang diberangkatkan dari pelabuhan Tanjung Emas Semarang sesuai dengan jadwal kapal tujuan ke Karimunjawa dengan durasi perjalanan laut kurang lebih 5-6 jam. Kapal Pelni (Kelimutu dan Lawit) dikhususkan hanya untuk penumpang saja, memiliki fasilitas full AC, TV, Kafe atau bar untuk order makanan dan minuman botol, kopi, dan mie cup, serta bebas asap rokok.




Jadwal Pelayaran Kapal Pelni Rute Semarang – Karimunjawa :
Juma't, Saja Melayani Carter Dihari Lain

Jadwal Pelayaran Kapal Pelni Rute Karimunjawa – Semarang :
Minggu, Saja

JADWAL KAPAL KMC KARTINI 1 SEMARANG PP
Kapal KMC Kartini rute Semarang - Karimunjawa yang diberangkatkan dari pelabuhan Tanjung Emas Semarang sesuai dengan jadwal kapal tujuan ke Karimunjawa dengan durasi perjalanan laut kurang lebih 3-4 jam. Kapal KMC Kartini 1 dikhususkan hanya untuk penumpang saja, memiliki fasilitas full AC, TV, mini bar sekedar untuk order minuman botol, kopi, dan mie cup, serta bebas asap rokok.


Jadwal Pelayaran KMC Kartini 1 Rute Semarang Karimunjawa :
Juma't, Saja Melayani Carter Dihari Lain

Jadwal Pelayaran KMC Kartini 1 Rute KarimunjawaSemarang :
Minggu, Saja

JADWAL KAPAL KMC EXPRESS BAHARI SEMARANG PP
Kapal KMC Kartini rute Semarang - Karimunjawa yang diberangkatkan dari pelabuhan Tanjung Emas Semarang sesuai dengan jadwal kapal tujuan ke Karimunjawa dengan durasi perjalanan laut kurang lebih 3-4 jam. Kapal KMC Kartini 1 dikhususkan hanya untuk penumpang saja, memiliki fasilitas full AC, TV, mini bar sekedar untuk order minuman botol, kopi, dan mie cup, serta bebas asap rokok.

Jadwal Pelayaran KMC Express Rute Jepara Karimunjawa :
Juma't, Saja Melayani Carter Dihari Lain

Jadwal Pelayaran KMC Express Rute KarimunjawaJepara :
Minggu, Saja


KETERANGAN :
Jadwal Dapat Berubah Sewaktu-Waktu Harap Menghubungi Pihak Terkait atau Office Masing-Masing Operator Kapal Jika Butuh Bantuan Tambahan Bisa Telp di 082-333-333-102

- Jadwal tersebut diatas merupakan rute dan waktu reguler (rutin) transportasi ke Karimunjawa 
- Kapal KMC Express dan KMC Kartini 1 merupakan Kapal Penumpang Sementara Kapal Ferry Siginjai merupakan Kapal Penumpang dan Barang (motor, mobil,truk,dlsb). 
- Dari Semarang melalui Pelabuhan Tanjung Mas, dari Kendal melalui Pelabuhan Kendal dan dari Jepara melalui Pelabuhan Kartini Jepara. 
- Jadwal Kapal Express, Kapal Pelni dan KMC Kartini 1 hanya berangkat hari Jumat saja dari Semarang
- Jadwal tersebut dapat berubah jika ada pemberitahuan lebih lanjut tentang penambahan atau pembatalan jadwal sesuai kebijakan yang berlaku dari masing-masing operator kapal. 
- Peserta Tour / Penumpang kapal diharapkan untuk tiba di Pelabuhan 1 jam sebelum jadwal keberangkatan kapal.
  • Tips Panduan Ke Karimunjawa 
 Ada pepatah yang mengatakan: Banyak jalan menuju Roma. Tapi untuk menuju Karimunjawa hanya ada dua jalan: Laut dan Udara. Sementara ini, perjalanan lewat udara sangat terbatas, ada dua pesawat yang melayani rute ke Karimunjawa yaitu pesawat Wings Air berkapasitas 70 orang dari bandara Ahmad Yani Semarang dan Airfast Indonesia dari Semarang dan Surabaya dengan kapasitas 12 orang. Sedangkan melalui Jalur Laut, ada 5 (Lima) Kapal yang melayani perjalanan Reguler ke Karimunjawa: yaitu Kapal Feri Siginjai dan 2 Kapal Express dari Jepara, Kapal Kartini 1 dan Kapal Pelni dari pelabuhan Tanjung Emas Semarang.
  • Kegiatan di Karimunjawa
Perairan disini sangat bagus untuk mereka yang memiliki hobi senorkeling atau diving walaupun tidak menutup kemungkinan bagi mereka yang hobi swimming dan fishing. Tidak perlu repot-repot untuk membawa peralatan senorkeling and diving, karena di Karimunjawa kita bisa menyewa alat-alat tersebut. Alat senorkeling disewakan mulai Rp. 35.000,00 per hari.
Jika menginginkan tempat yang sangat bagus untuk senorkeling, saya menyarankan untuk menyewa kapal nelayan (+ Rp. 700.000,00 per kapal per hari, kapasitas maksimal 10 penumpang termasuk abk) namun belum termasuk guide dan alat dokumentasi kamera underwater, untuk menuju pulau-pulau terdekat seperti menjangan kecil dan pulau Cemara kurang sekitar 30-60 menit perjalanan dari Pulau utama Karimunjawa.
Untuk senorkeling, Anda tidak harus bisa berenang. Tidak perlu takut tidak bisa menikmati keindahan terumbu karang. Guide di karimunjawa sangat terlatih dalam menemani wisatawan baik yang bisa berenang ataupun tidak. Bagi yang tidak bisa berenang diwajibkan untuk menggunakan life fest, bagi yang bisa berenang, disarankan menggunakannya juga, agar lebih safe.
Sementara untuk diving, Karimunjawa memiliki spot-spot diving asli (bukan buatan) yang sangat bagus untuk diving. Bagi pemula, bisa memanfaatkan jasa pemandu untuk melihat-lihat pemandangan didalam air dengan fee antara Rp. 250.000 – 300.000 per hari untuk maksimal 2 orang per pemandu selam. Satu set alat selam disewakan dengan harga Rp. 300.000,00 dengan satu tabung oksigen. Sedangkan untuk tabungnya saja, disewakan dengan harga Rp. 100.000,00 per tabung. Diwajibkan bisa berenang. Buat Anda yang bisa berenang, yah… belajar berenang dulu baru belajar menyelam
  • Makanan
Tidak perlu kuatir tentang makanan jika tidak minta yang macam-macam seperti misalnya harus ada hamburger buat makan siang, atau pizza buat makan malam, atau makanan yang susah dan ala-ala barat lainya (saat ini sudah tersedia restouran pizza di Karimunjawa) atau iga bakar lada hitam atau aneka steak bagi pehobi makan daging. Tidak perlu kuatir selama bisa mengkonsumsi makanan laut, di Karimunjawa memiliki masakan khas sendiri yang patut untuk dicoba. Buat yang alergi atau tidak suka makanan laut,  ada beberapa pilihan seperti aneka masakan ayam dan sayur-sayuran. Agak sedikit susah mencari roti tawar dan  keju disini (saat ini sudah tersedia mini market sederhan di Karimunjawa). Apalagi kalau mau memesan Milk Shake, Banana Split atau ice cream.
  • Transaksi Keuangan

Kabar baik yaitu ATM BRI sudah ada disini namun terkadang ada gangguan, Di Krimunjawa ada satu Bank saja yaitu Bri. Jadi jangan harap anda bisa berangkat hanya bermodalkan kartu kredit saja. Semua pembayaran harus menggunakan cash. Cuma di beberapa tempat (seperti travel agen atau resort besar)  menerima pembayaran melalui mobile banking atau kartu kredit dengan dikenakan biaya administrasi.

  • Transportasi Darat

Tidak ada transportasi darat umum disini. Namun yang ada adalah paguyuban driver mobil pribadi (espass, avanza, inova dll) yang biasa melayani wisatawan dengan tarif sekali jalan, bisa juga menyewa motor matik untuk diginakan sehari-hari selama di Karimunjawa.

  • Cuaca di Karimunjawa
Sangat sulit untuk memperkirakan cuaca. Namun biasanya bulan yang di rekomendasikan adalah Maret s.d. Desember tiap Tahunnya. Untuk informasi perkiraan tinggi gelombang, bisa lihat di BMKG atau web cuaca lainya. Untuk cuaca terbaiknya dengan cuaca bagus, silakan datang ke Karimunjawa antara April hingga Juli dan September hingga awal Desember pada tanggal 11-15 tiap bulannya kenapa karena bulan purnama-nya tidak kalah dengan ‘Denpasar Moon yang lagi shining on the empty street !’

TIPS BERWISATA DI KARIMUNJAWA
  • Tabir Surya dan Antinyamuk
Jangan lupa untuk membawa tabir surya Anda. Sebaiknya Anda membeli tabir surya sebelum pergi ke Karimunjawa karena mungkin anda tidak bisa memilih jenis tabir surya yang sesuai dengan kulit anda disini. Anda akan menjumpai nyamuk di kepulauan Karimunjawa karena banyaknya semak-semak dan dekat dengan hutan tropis dataran rendah. Anti nyamuk tersedia luas dan dapat didapatkan pada toko-toko yang ada. Jangan Takut: TIDAK ADA penyakit malaria di Karimunjawa.
  • Akomodasi
Pelajari dan cari akomodasi sesuai kebutuhan anda: sekedar untuk tidur, kenyamanan atau bahkan exclusive. Jangan ‘gambling’ dengan modal ‘cari tahu saat di tempat tujuan’.  Jika anda memiliki budget extra, ada baiknya menggunakan jasa travel agent untuk mengatur wisata anda dan keluarga di Karimunjawa. Hanya saja anda benar-benar harus teliti dalam memilih travel agen, dikarenakan tidak banyak travel agent yang benar-benar menguasai dan mengetahui kondisi Karimunjawa. Carilah travel agent yang berlokasi di Karimunjawa dan atau dikelola oleh penduduk lokal Karimunjawa.
  • Jadwal Transportasi
Jadwal Transportasi yang terkadang berubah akan menyulitkan anda untuk mempersiapkan waktu. Keterbatasan tiket juga akan menjadi kendala. Pastikan anda melakukan konfirmasi jadwal keberangkatan dengan bagian ticketing Kapal Maupun Pesawat tujuan Karimunjawa.
  • Mata Uang
Mata uang yang digunakan di Karimunjawa yaitu Rupiah (IDR). Mayoritas pembayaran, persewaan alat, persewaan kapal dan pembayaran jasa hanya menggunakan rupiah dalam bentuk cash. Tidak tersedianya ATM membuat anda harus pandai-pandai mengatur keuangan anda. Jangan membawa uang terlalu banyak, namun juga jangan sampai anda kehabisan uang.
Ada beberapa hotel yang menerima penukaran mata uang asing (Dollar dan Euro) dengan rate berkurang sejumlah Rp. 1000 per Mata uang asing yang anda tukarkan.
  • Hewan Berbahaya
Berhati-hatilah terhadap beberapa hewan yang ada di pantai maupun diperairan dangkal. Kita akan melihat surga bawah air dengan segala keindahannya, warna yang eksotis dan menyenangkan, tapi jangan lupa bahwa ada sebagian yang berbahaya. Warna dan bentuk unik inilah yang biasanya menggoda wisatawan untuk lebih dekat dan menyentuh. Sangat direkomendasikan anda menggunakan jasa guide untuk aktivitas liburan anda di Karimunjawa.

Ubur-Ubur : Sengatan ubur-ubur dapat menimbulkan rasa sakit yang luar biasa, membuat kulit terbakar dan kemerahan serta menimbulkan pembengkakan. Hindari daerah dimana terlihat ubur-ubur dan JANGAN pernah untuk memegangnya bahkan ubur-ubur yang sudah mati sekalipun.

Anemon : Bentuk tubuh anemon seperti bunga, sehingga juga disebut mawar laut. Lipatan yang bundar diantara badan dan keping mulut membagi binatang ini kedalam kapitulum di bagian atas dan scapus bagian bawah. Di antara lengkungan seperti leher (collar) dan dasar dari kapitulum terdapat "fossa". Keping mulut bentuknya datar, melingkar, kadang-kadang mengkerut, dan dilengkapi dengan tentakel kecuali pada jenis Limnactinia, keping mulut tidak dilengkapi dengan tentakel. Beberapa anemon laut dapat bergerak seperti siput, bergerak secara perlahan dengan cara menempel. Sebagian besar anemon laut memiliki sel penyengat yang berguna untuk melindungi dirinya dari predator

Landak Laut / Bulu Babi / Sea Urchin  (Echinoidea) : Merupakan hewan yang biasanya hidup daerah pantai, atas batu karang, dasar laut, dalam lumpurdan muara sungai (dengan membenamkan diri di tanah liat atau di bawah karang). Hewan-hewan yang termasuk kelas ini berbentuk bundar tak berlengan, tetapi memilki duri yang dapat digerakkan.

Ikan Pari : Ikan pari banyak ditemukan dibawah pasir. Karena itu, jangan mengaduk-aduk pasir saat anda bermain-main di pantai. Ikan ini memiliki ekor yang tajam dan berbisa. Ikan ini bukan type yang agresif, bahkan cenderung akan lari menghindari kehadiran manusia. Hanya saja dalam proses 'pelariannya' ada kemungkinan ekornya menyabet anggota badan anda.

Ikan Batu / Stone Fish : Synanceia verrucosa, juga disebut sebagai batu karang atau dornorn, adalah ikan karnivora dengan jarum beracun yang tinggal di dasar terumbu karang, berkamuflase sebagai batu. Ikan ini merupakan ikan paling beracun di dunia..  Ikan ini memiliki panjang sekitar 30-40 cm. Ikan ini boleh dikatakan sangat sedikit bergerak. Bahkan seandainya ada predator didekatnya, dia akan tetap bergeming. Biasanya wisatawan akan secara tidak sengaja menginjak ikan ini. Oleh karena itu, pastikan bahwa anda selalu mengenakan alas kaki dan mengawasi tempat anda mengijakkan telapak kaki anda.

Scorpion Fish dan Lion Fish : Ikan ini memiliki warna-warni yang indah dan menakjubkan, sehingga membuat banyak wisatawan ingin memegangnya. JANGAN sekali-sekali melakukan itu. Ikan ini tergolong agresif dan memiliki bisa yang bisa berakibat fatal. Segera menjauh perlahan-lahan apabila anda melihat ikan ini dalam jarak yang sangat dekat.
  • Telekomunikasi
Sangat mungkin untuk menelpon dan menerima panggilan melalui handphone dengan menggunakan kartu dari Telkomsel, Indosat dan XL. Pengisian pulsa bisa dilakukan di berbagai toko yang ada di Karimunjawa. Untuk rekomendasikan penggunaan kartu SIM Telkomsel karena untuk panggilan dan internet lebih lancar selain memiliki jangkauan yang lebih luas dan merata di Karimunjawa dan juga telah 4G, dibandingkan operator lainnya.
  • Air dan Listrik
Listrik di Karimunjawa dipasok oleh PLTD (Pembangkit Listrik Tenaga Diesel), saat ini sudah hampir 24 jam. Pada beberapa homestay dan Hotel, penggunaan listrik masih menggunakan jasa PLTD. Namun lebih banyak lagi hotel yang memiliki generator sendiri.
Air untuk minum dan mencuci berasal dari mata air di daerah Legon Lele, yang berada pada komplek hutan lindung Taman Nasional Karimunjawa, yang memiliki air yang sangat segar dan tidak payau. Bagaimanapun, stok air sangat terbatas terutama pada musim kemarau. Gunakan air dengan bertanggung jawab.
  • Tingkat Kejahatan
Karimunjawa merupakan daerah dengan tingkat kejahatan rendah. Hal tersebut menjadi kebanggaan bagi penduduk Karimunjawa dan Pemerintah setempat. Anda bisa memperhatikan bahwa banyak sepeda motor yang diparkir dengan kunci tergantung di motor sepanjang hari atau rumah yang ditinggal pergi tanpa dikunci. Namun demikian, jangan terlena dengan tingkat kriminalitas yang rendah. Tetaplah berhati-hati dalam menjaga barang-barang anda, karena kejahatan timbul bukan hanya karena ada niat buruk pelakunya, tapi juga karena adanya kesempatan. Waspadalah.. waspadalah...
  • Fotografi
Banyak terdapat kesempatan mengabadikan keindahan Karimunjawa dengan kamera anda, untuk ditunjukkan kepada teman atau keluarga. Saya merekomendasikan anda untuk membawa kamera yang bisa mengambil gambar/video di dalam air. Jika anda tidak memilikinya, anda bisa menyewa kamera digital bawah air di Karimunjawa. Harganya bervariasi mulai Rp. 150.000 – Rp. 350.000 per hari, sudah termasuk transfer ke Compact Disc.
  • Restauran
Perairan Karimunjawa merupakan sumber makanan yang berlimpah. Ikan segar, cumi-cumi dan udang lobster merupakan makanan sehari-hari masyarakat Karimunjawa. Tidak banyak restauran di Karimunjawa namun terdapat warung-warung untuk makan dan kafe-kafe sederhana dengan kualias rasa pas dilidah.

Selamat berlibur, selamat ber happy ria. Nikmati keindahan wisata karimunjawa dengan bertanggung jawab.


OPENTRIP
KAPAL
HARGA
Jumat-Minggu
Feri Siginjai
750 rb
Senin-Rabu
Feri Siginjai
750 rb
Rabu-Jumat
Feri Siginjai
750 rb
Jumat-Minggu
Express Bahari
950 rb
Sabtu-Senin
Express Bahari
950 rb
Senin-Rabu
Express Bahari
950 rb
Selasa-Kamis
Express-Feri
850 rb
Jumat-Minggu
Express-Feri
850 rb
Sabtu-Senin
Feri-Express
850 rb
Senin-Rabu
Feri-Express
850 rb

Merencanakan liburan ke Karimunjawa tinggal klick www.paketwisatakarmunjawa.com informasi lengkap wisata karimunjawa hadir di depan anda, apakah anda telah lelah browsing kesana kemari mencari info paket wisata karimunjawa? anda telah berada di situs atau website yang tepat, karena kami telah berpengalaman, kami akan mengatur semua rencana liburan anda selama di Karimunjawa, membuat liburan anda nyaman aman menyenangkan so.. pasti berkesan di dalam kenangan anda, pengalaman kami mengatur perjalanan liburan di Karimunjawa telah bertahun-tahun bersama tim yang sangat profesional dibidangnya dan dibantu penduduk lokal Karimunjawa.

Kami mengedepankan pelayanan terbaik, disamping kami memiliki orang-orang yang profesional, Kami bekerja sama sangat baik secara tim dan dengan melibatkan penduduk setempat, koordinasi Tim kami yang kompak, ramah, dan professional, kami memiliki tim ticketing sendiri yang kenyataannya mendapatkan kuota tiket ke Karimunjawa sangat sulit, dan peralatan kami yang cukup lengkap serta memiliki gudang ikan sendiri untuk menunjang acara bakar ikan (BBQ) dipulau Karimunjawa dengan jumlah peserta berapapun kami siap.

Hubungi Kami

RESERVASI SEKARANG

0821-3817-2799 📱 082-333-333-102
@karimunjawaopentrip 📝 Testimoni
Visit Karimunjawa