Telp 087733156777 :
Home » » Trave to Karimunjawa

Trave to Karimunjawa

Karimunjawa is an archipelago of 69 islands in the Java Sea, Indonesia, approximately 80 kilometres northwest of Jepara[1]. The islands’ name means ‘a stone’s throw from Java’ in Javanese. The main island is also known as Karimun. (via Wikipedia)

Mungkin Karimunjawa adalah salah satu tempat wisata alam di dekat Pulau Jawa yang sangat indah untuk diselami terumbu karangnya. Beruntung beberapa kali bisa snorkeling disana. Sebenarnya saya punya sedikit trauma dengan laut dan ketika melakukan snorkeling dan melihat dalamnya lautan, jantung sempet keder juga. tetapi begitu melihat indahnya terumbu karang dan ikan-ikan berbagai jenis yang jarang bisa dilihat, hati menjadi lebih tenang.

Karena saya berdomisili di Semarang maka menggunakan kapal cepat adalah alternatif yang terbaik. Berangkat dari pelabuhan Tanjung Emas di Semarang, kapal cepat Kartini berangkat minggu II & IV dalam sebulan dari pelabuhan Tanjung Emas (kalau tidak salah). Kalau tidak terbiasa dengan kapal cepat biasanya sih penumpang akan mabuk laut karena goyangannya yang cukup keras ketika kapal beradu dengan ombak.
Tiket kapal cepat bisa didapet di Dinas Perhubungan Propinsi yang sekarang pindah di seberang gedung pengadilan Semarang di daerah Krapyak, dekat pintu keluar jalan tol menuju Jakarta. Sedikit jauh memang.
Tiket kapal cepat bisa didapatkan dengan harga Rp. 110.000, sedikit mahal memang tp memang fasilitasnya sepadan dan bisa langsung ke Karimunjawa dengan cepat. Perjalanan kali ini disetting 3 hari 4 malam, dari hari sabtu sampai hari selasa.
Akomodasi dan transportasi
Ada banyak pilihan untuk tempat menginap di Karimunjawa, gak ada masalah karena banyak penduduk setempat yang menyediakan homestay.

Saya biasanya nginep di Homestay HAMFAH kepunyaan Pak Arif, kelebihan homestay ini selain memang homestay yang pertama disitu (menurut cerita yang punya) juga Pak Arif bisa mengatur semua perjalanan kita termasuk buat snorkeling atau diving karena beliau juga instruktur diving yang berlisensi, tarif homestay Rp.80.000/malam termasuk 3 kali makan (sekarang mungkin bisa lebih naik sedikit).
Hari pertama kita habisin buat liat-liat sekitar Karimunjawa dengan mobil. Tips lagi kalo mau ke Karimunjawa, melaporkan perjalanan kita ke Balai Taman Nasional Karimunjawa (BTNK) di Jl. Pahlawan buat bikin surat SIMAKSI (bayar 5.000-an kalo gak salah). Bikin surat permohonan aja terus daftar kesana, sehari jadi. Dengan surat SIMAKSI kita bisa minta tolong buat pake mobil Ranger (polisi hutan) disana dan didampingi ranger-nya sekalian sebagai guide, mobilnya nyaman dan kita cuma mengganti ongkos bensin dan uang rokok. Kalo pake mobil orang lokal juga bisa tapi biasanya mobil pick up yang bisa buat pantat kita nyut-nyutan soalnya jalan di Karimunjawa berbatu-batu dan harganya cukup mahal menurut saya soalnya guide lokalnya kurang bisa menjelaskan keanekaragaman hayati yang ada di sana. Padahal keterangan mengenai mangrove dan segala macamnya inilah yang membuat perjalanan kita menjadi menarik.
Diving/snorkeling

Hari ke dua kita habisin buat ke laut. Ada 27 pulau di Kepulauan Karimunjawa. Guide di Karimunjawa biasanya sudah punya beberapa titik yang bisa buat snorkeling. Biasanya titik snorkeling ada di Kemujan kecil dan besar dan juga di Pulau Cemara yang sedikit lebih jauh. Asli airnya bersih banget dan masih sangat alami jadi kita bisa melihat terumbu karang dengan jelas.

Di pulau cemara saya sempat terkesima dengan kondisi di pulau ini yang kecil ini. Pasirnya putih bersih dan ketika kita tiduran dipantainya byk binatang-binatang laut kecil yang sangat aktif seperti bintang laut. Semoga kedatangan kita ke pulau ini tidak cepat merusak habitat alam yang indah ini.


Seperti yang saya bilang sebelumnya, saya sebenarnya pernah punya trauma dengan laut. Tetapi dengan melakukan snorkeling dan melihat habitat laut yang indah perasaan takut segera berubah menjadi perasaan excited. Seringkali saya menjadi sangat kecil ketika sedang berada di dalam laut karena keberadaan kita yang menjadi sangat kecil di dalam laut.
Tracking

Hari ketiga kita tracking ke Desa Legon Lele. Desa ini sebetulnya sudah mati karena sudah ada orang yang membeli tanah mereka (buat investasi katanya), tapi masih ada sekitar 10 keluarga yang tinggal di desa ini.

Jalur tracking bisa disetting berat atau ringan tergantung permintaan pengunjung, ranger dari BTNK pastinya sudah hafal luar kepala buat jalurnya. Kalo yang suka nge-camp, ada fasilitas camping ground di Legon Lele.
Kegiatan lain yang bisa dilakukan sembari tracking adalah bird watching, dengan fasilitas dari ranger kita bisa dipandu buat melakukan aktivitas bird watching, buat pemula kayaknya kegiatan ini salah satu kegiatan favorit buat melupakan pegalnya kaki.
Kalo perjalanan yang ringan biasanya 3 jam juga sudah selesai, itu juga kalo istirahatnya gak banyak, kalo mau lebih jauh bisa ke puncak salah satu bukit dan melihat Karimunjawa dari atas bukit.
Sunrise/sunset

Ini merupakan sajian istimewa dari Karimunjawa, kita bisa melihat indahnya sunset setiap hari. Untk sunrise-nya perlu usaha keras dan keberuntungan, selain harus jalan dulu 30 menit-an, belom tentu pula bisa ngeliat sunrise karena berawan. Kata Pak Arif sih tim dr TV 7 aja ndekem 5 hari cuman dapet 1 ataw 2 kali gitu sunrisenya.

Perjalanan Pulang
Jadwal kapal cepat sedikit ribet buat yang ke Jepara. Buat yang hari selasa cuma tersedia minggu II dan IV setiap bulannya, kecuali kamu mau tinggal lebih lama sampai hari Kamis. Kalo kapal feri sih setiap minggu ada tapi dengan perjalanan yang sedikit lama (6 jam-an).
Sampai di pelabuhan Jepara kita dijemput mobil travel yang bisa bawa kita langsung kembali ke Semarang. Kelebihan mobil travel ini ya bisa jemput kita di pelabuhan terus nganter langsung ke Semarang. Kalo rombongan biasanya dia mau nganter ke tempat yang kita mau.

Judul: Trave to Karimunjawa; Ditulis oleh Paket Wisata Karimunjawa; Rating: 5 dari 5


Terimakasih atas kunjungan Anda beserta kesediaan Anda membaca artikel ini. Komitmen dan pelayanan serta keselamatan kami utamakan demi kenyamanan dan kesenangan anda sekalian.mengapa pelayanan kami yang terbaik, disamping kami memiliki orang-orang yang profesional, Kami bekerja sama sangat baik dengan penduduk setempat, koordinasi Tim kami yang kompak, ramah, dan bertanggung jawab
Share this article :

Email : timvisitkarimunjawa@gmail.com

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
customer service
PIN BB 5D26609E
OFFICE : (0291) 4260109
M3: 085742588199 | TSEL: 082138172799

Visit Karimunjawa Jawa Tengah

Recommended Post

Contact Me Just by Mail or SMS


Terpopuler

 
Paket Wisata Karimunjawa Tour and Travel Mulai 500 Ribuan, Couple, Group, Company Outing, Study Tour, Adventure, Diving, Snorkeling, Paket Bulan Madu Contact TimVisitKarimunjawa Hotline. (0291) 3333215
Support : Design by Creating Website
Copyright © 2011. Paket Wisata Karimunjawa Murah 500Rb Tour Travel ke Pulau Karimunjawa 2017 - All Rights Reserved
Paket Wisata Karimunjawa Tour and Travel Mulai 500 ribuan, Couple, Group, Company Outing, Study Tour, Adventure, Diving, Snorkeling, Paket Bulan Madu