Telp 087733156777 :
Home » » Kepariwisataan Kabupaten Jepara

Kepariwisataan Kabupaten Jepara





Pulau Karimun jawa terdiri dari tiga desa (Karimun, Kemojan dan Parang). Objek wisata Bahari terpadu Taman Nasional Laut Karimunjawa ini merupakan salah satu kawasan wisata unggulan di tingkat regional bahkan international, Karimunjawa memiliki keindahan alam bawah laut yang alami dan sangat menakjubkan, dengan aneka jenis terumbu karang yang paling lengkap di dunia, biota laut dan ikan karang beraneka warna, hamparan pasir putih di setiap pulau dari 27 pulau yang ada menjadikan Karimunjawa laksana surga bagi pengunjung wisatawan baik mancanegara maupun domestik .
Kebijakan pengembangan pariwisata di Taman Nasional Karimunjawa diarahkan pada wisata berwawasan lingkungan, minat khusus atau sering disebut ekowisata/ecotourism/wisata alam dan ekosistem utama kawasan. Adapun wisata alam adalah kegiatan perjalanan atau sebagaian dari kegiatan wisata. Yang bersifat khusus yang dilakukan secara sukarela serta bersifat sementara untuk menikmati gejala keunikan dan keindahan alam di Taman Nasional, sedangkan ekosistem utama kawasan adalah Hutan Hujan Tropis Dataran rendah, Hutan Mangrove, Terumbu Karang, Hutan Pantai, Padang lamun, dan rumput laut.
Panorama laut yang indah bagai telaga dengan gugusan kepulauan yang tersebar.Hamparan pasir putih yang membentang di kawasan pantai maupun diseluruh pulauDapat melakukan kegiatan hiking, snorkeling, diving, Fishing/memancing, dayung dan sebagainyaMenikmati keindahan biota laut dengan aneka ragam ikan hias dan bermacam karang laur yang menarik.Masih terdapat jenis satwa langka seperti menjangan, landak, trenggiling, ular kedor, burung garuda dan ikan lele tanpa patil.Gunung dengan penghijauannya hutan tertutup yang masih perawan.Dapat menyaksikan ikan hiu, kerapu, lemuna, tripang di keramba.Bila perjalanan memakai kapal laut, dapat menikmati iringan ikan lumba-lumba di sebelah kapal
Berdasarkan cerita legenda yang berkembang di masyarakat sekitar, Pulau Karimunjawa ditemukan oleh Sunan Muria. Legenda itu berkisah tentang keprihatian Sunan Muria atas kenakalan putranya, Amir Hasan. Dengan maksud mendidik, Sunan Muria kemudian memerintahkan putranya itu untuk pergi ke sebuah pulau yang nampak kremun-kremun (kabur) dari puncak Gunung Muria agar si anak dapat memperdalam dan mengembangkan ilmu agamanya. Karena terlihat kremun-kremun, Sunan Muria kemudian memberi nama Karimun untuk pulau itu.

Pengembangan Wisata Jepara


Potensi sosial budaya masyarakat Jepara yang mempunyai orientasi pengembangan pada wilayah pantai cukup banyak. Untuk Menunjang keberadaan Jepara sebagai salah satu tujuan wisata, Pemerintah Kabupaten Jepara tahun ini mendapatkan bantuan dana dari kemntrian pariwisata untuk pengembangan wisata. Dana tersebut akan dibagi untuk pengembangan diKepulauan Karimun Jawa dan di Pantai Kartini.
Penambahan fasilitas di berbagai obyek wisata Jepara, diharapkan minat masyarakat untuk berkunjung semakin meningkat. Dengan demikian target pendapatan beberapa obyek wisata di Jepara bisa terpenuhi..
Tempat tempat yang mempunyai peran penting dalam perjalanan sejarah jepara sebagai kota pelabuhan, misalnya Beberapa situs peninggalan yang mempunyai keterkaitan dengan peran jepara sebagai kota pelabuhan dijadikan cagar budaya. Situs sejarah yang dimaksud antara lain makam ratu Kalinyamat, masjid Mantinga, benteng VOC dan benteng Portugis.
Menurut perencanaan alokasi penggunaan ruang, kawasan yang dikategorikan sebagai kawasan suaka cagar alam dan budaya meliputi kawasan suaka alam laut yang meliputi persisir, muara sungai, gugusan karang dengan ciri khas berupa keragaman dan keunikan ekosisitem, dengan lokasi di kecamatan Karumunjawa.
Dalam rencara pengembangan wilayah kota, peran kota Jepara sebagai pusat administrasi daerah kabupaten Jepara, tampak pada fungsinya antara lain sebagai kota pusat kerajinan ukiran dan industri mebel kayu untuk skala regional Propinsi Jawa Tengah dan nasional serta sebagai kota pengembangan kegiatan pariwisata, khususnya untuk mendukung pengembangan kepulauan Karimunjawa.
Berkaitan dengan hal tersebut, strategi kebijakan yang diterapkan oleh Pemkab Jepara menyangkut masalah sosial budaya terutama karena kemajuan teknologi informasi, antara lain; menciptakan suasna yang harmonis dan bersahabat yang berlandaskan nilai keagamaan untuk kerukunan hidup bermasyarakat, meningkatkan upaya rehabilitasi dan pemulihan fungsi sumber daya alam dan lingkungan hidup yang telah rusak, serta mempertahankan kondisi sumber daya alam dan lingkungan yang masih utuh.
Langkah tersebut dalam relitas kebijakan tampak pada upaya pemkab untuk melakukan pembangunan kembali benteng VOC yang dalam perkebangannya sekarang ini di sekitar situs tersebut telah banyak digunakan untuk tempat pemukiman. Melihat kondisi ini sudah seharusnya pemkab memberikan perhatian untuk menertibakannya, agar lokasi situs sejarah tetap terpelihara. Di samping itu Pemkab juga perlu menyempurnakan pembangunan sarana rekreasi yang berbasis pantai, misalnya yang ada di pantai Kartini berupa aquarium kura-kura, gerbang masuk area masjid mantingan.
pantai-kartini

Pantai Kartini adalah salah satu obyek wisata yang ada di kabupaten Jepara terletak di sebelah barat Jepara yang telah befitu dikenal oleh wisatawan sebgai Taman Rekreasi Pantai Kartini. Penataan kawasan in terus dilakukan dengan pembuatan gardu-gardu pandang dan tempat parkir yang cukup luas.
Di samping itu telah dilengkapi pula dengan kios-kios souvenir dan perahu-perahu pesiar. Para pengunjung juga dapat mengunjungi pulau Panjang dan bercengkerama di pantai yang berpasir putih tersebut. Disamping pantai Kartini, wisata bahari lainnya yang menarik adalah pantai Bandengan atau sering disebut dengan pantai Tirta Samudra yang dikenal akan pasir putihnya, pemandangan pohon pandan atau pohon perdu yang tumbuh di sepanjang bibir pantai dan sekitarnya, memiliki struktur pantai yang landai dan air yang jernih dan bersih.
Kawasan Taman Nasional Laut Kepulauan Karimunjawa terletak di Laut Jawa + 83 km dari Kota Jepara menuju arah utara. Obyek ini merupakan kepulauan yang ditetapkan sebagai Taman Nasional Laut Karimunjawa dengan luas daratan 7.120 Ha dengan pulau berjumlah 27 buah. Di antara pulau-pulau itu baru 5 buah. yang berpenghuni yaitu Karimunjawa, Kemujan, Parang, Nyamuk dan Genting dengan hamparan pemandangan di sela-sela pulau, pasir putih yang membentang di sepanjang pantai dengan pohon kelapa. Terdapat 242 jenis ikan hias, serta 133 genera fauna akuatik. Dengan kapal motor, Karimunjawa dapat ditempuh dalam waktu sekitar 5 jam dari dermaga Jepara. Di kawasan Taman Nasional laut ini juga telah dibangun “Kura-Kura Resort” yang merupakan kawasan peristirahatan dengan fasilitas lux, yang merupakan milik investor asing. Pantai-pantai di Karimunjawa sebagian besar berpasir putih, oleh karena itu cocok untuk kegiatan berjemur, menyelam dan memancing. Kegiatan wisata yang dapat dilakukan di Karimunjawa antara lain olah raga selam, berjemur dan mandi.
bandengan
Pantai bandengan atau yang bias kita sebut dengan pantai tirto samudro juga mempunyai keindahan alam yang dapat kita nikmati keindahanya, pantai yang memiliki panorama pasir putih dan pemandangan pohon pandan atau pohon perdu yang tumbuh di sepanjang bibir pantai dan sekitarnya, memiliki struktur pantai yang landai dan air yang jernih dan bersih.

Pengembangan Cagar budaya situs benteng voc

portugis
Benteng peninggalan belanda yang dinamakan oleh masyarakat sekitar sebagai benteng voc / benteng portugis yang merupakan salah satu obyek wisata andalann kabupaten dijepara Pembangunan benteng di kawasan ini diperkirakan karena letaknya yang sangat strategis untuk pertahanan dan kepentingan perdagangan, mengingat di bawah benteng tersebut terdapat bandar karena dulunya memang dekat dengan laut. Namun karena terjandinya proses sedimentasi yang terus-menerus dalam jangka waktu yang lama maka di bawah benteng pada masa sekarang ini sudah menjadi lahan pertanian dan perkampungan.
BENTENG PORTUGIS JEPARA Salah satu obyek wisata andalan di Jepara adalah Benteng Portugis jepara yang terletak di Desa Banyumanis Kecamatan Keling atau 45 km di sebelah utara Kota Jepara
Pada awal tahun 2008 sudah mulai dilakukan pemugaran dan renovasi tehadap benteng portugis tersebut.
Di bidang industri pariwisata, pemkab Jepara sedang menggalakkan sektor ini untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD). Obyek-obyek wisata yang dikembangkan bukan hanya yang menyangkut wisata alam tetapi juga wisata sejarah dan event budaya. Wisata alam menonjolkan pada segi keindahan alam. Alam Jepara cukup kaya akan keindahan alam seperti , Pantai Kartini, Taman Nasional Laut Kepulauan Karimunjawa, pantai bandengan atau yang biasa disebut dengan pantai tirtosamudro.

sumber:
http://butiklielie.blogdetik.com/2012/02/12/karimun-jawa-dan-pengembangan-wisata-jepara/ 

Judul: Kepariwisataan Kabupaten Jepara; Ditulis oleh Paket Wisata Karimunjawa; Rating: 5 dari 5


Terimakasih atas kunjungan Anda beserta kesediaan Anda membaca artikel ini. Komitmen dan pelayanan serta keselamatan kami utamakan demi kenyamanan dan kesenangan anda sekalian.mengapa pelayanan kami yang terbaik, disamping kami memiliki orang-orang yang profesional, Kami bekerja sama sangat baik dengan penduduk setempat, koordinasi Tim kami yang kompak, ramah, dan bertanggung jawab
Share this article :

Email : timvisitkarimunjawa@gmail.com

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
customer service
PIN BB 5D26609E
OFFICE : (0291) 4260109
M3: 085742588199 | TSEL: 082138172799

Visit Karimunjawa Jawa Tengah

Recommended Post

Contact Me Just by Mail or SMS


Terpopuler

 
Paket Wisata Karimunjawa Tour and Travel Mulai 500 Ribuan, Couple, Group, Company Outing, Study Tour, Adventure, Diving, Snorkeling, Paket Bulan Madu Contact TimVisitKarimunjawa Hotline. (0291) 3333215
Support : Design by Creating Website
Copyright © 2011. Paket Wisata Karimunjawa Murah 500Rb Tour Travel ke Pulau Karimunjawa 2017 - All Rights Reserved
Paket Wisata Karimunjawa Tour and Travel Mulai 500 ribuan, Couple, Group, Company Outing, Study Tour, Adventure, Diving, Snorkeling, Paket Bulan Madu