Telp 087733156777 :
Home » » Berwisata ke Karimun Jawa

Berwisata ke Karimun Jawa

Tips Buat Arek Suroboyo yang Berwisata ke Karimun Jawa

  Karimunjawa akhir-akhir ini sedang populer menjadi tujuan wisata karena kecantikan alamnya. Sebagian besar wisatawan menggunakan paket tour selama disana. Dan hampir semua paket tour hanya mengakomodasi perjalanan dari pelabuhan Jepara-Karimunjawa-pelabuhan Jepara. Jadi untuk urusan dari rumah hingga mencapai pelabuhan Jepara diatur sendiri oleh wisatawan.

Nah, bagi para arek suroboyo yang akan berwisata ke Karimunjawa, saya mempunyai kiat-kiat untuk memilih sarana transportasi yang efektif dari dan menuju Surabaya.
Bis dari Surabaya menuju Jepara hanya terdapat 3 armada yang beroperasi pada jam 08.30; 20.30; dan 21.30 yang dioperasikan oleh PO. Indonesia & PO. Jaya Utama. Pilihlah bis keberangkatan malam hari karna kapal menyebrang pada pagi hari. Sebaiknya anda sudah standby di terminal Bungurasih paling lambat pukul 19.30. Karna bis jurusan Jepara ini padat saat musim liburan. Dan jangan menunggu bis ini di terminal keberangkatan. Jika saat peak season bis ini sudah penuh sebelum masuk terminal. Anda langsung saja mencari bis ini di parkiran bis yang berada di selatan terminal keberangkatan (kalau tidak salah arah), pokoknya dari ruang tunggu terminal itu beloklah ke kiri. Bis ini meski mengoperasikan 2 armada menuju Jepara saat malam hari, tapi kadang hanya mengoperasikan 1 armadanya saja. Jadi lebih baik datang awal daripada tidak keangkut. Tarif bis Rp 65.000 dapat makan saat berhenti di Tuban.

Namun jika ternyata apes tidak bertemu bis Jepara alternatifnya bisa naik bis yang jurusan Semarang dengan operator juga sama yaitu PO Indonesia atau Jaya Utama. Kedua PO ini merupakan satu grup. Selanjutnya anda bisa oper bis mini di Matahari-Kudus atau di Trengguli.
Bis tiba di Jepara sekitar pukul 3.30. Anda bisa beristirahat di mushola terminal atau langsung menuju ke pelabuhan. Untuk mencapai pelabuhan ada becak yang siap mengantar anda. Tarifnya Rp 10.000 jika penumpang hanya 1 orang. Tapi jika 2 orang penumpang mereka menarik bayaran Rp 15.000. Anda bisa tiba di pelabuhan dalam 10 menit.

Kapal paling pagi yang menyebrang ke Karimunjawa pukul 09.00 sembari menunggu kapal anda bisa bersantai di warung-warung yang ada di pelabuhan. Serta bisa juga mampir ke pantai Kartini yang bersebelahan dengan pelabuhan.

Berikut ini jadwal kapal penyeberangan :
Kapal Muria (6 jam tarif ekonomi 30rb, VIP 75rb)
Jepara-Karimunjawa pukul 09.00
Senin, Rabu dan Sabtu
Karimunjawa-Jepara pukul 08.00
Selasa, Kamis dan Minggu

Kapal Express Bahari (2 jam tarif VIP 100rb eksekutif 84rb)

JEPARA – KARIMUNJAWA
Senin : jam 10.30
Selasa : jam 10.30
Jumat : jam 14.00
Sabtu : jam 10.30
KARIMUNJAWA – JEPARA
Senin : jam 13.00
Rabu : jam 10.30
Sabtu : jam 08.00
Minggu : jam 14.00

Namun jika sedang rami bisa saja ada penambahan jadwal. Oke saya sudah selesai menjelaskan tentang transportasi menuju Karimunjawa, sekarang saya akan memberikan tips untuk pulang ke Surabaya.
Setelah turun dari kapal anda tentunya harus mengandalkan becak lagi untuk ke terminal Jepara. Masih inget donk tarif becaknya. Bis Jepara-Surabaya ada pada jam 06.30; 08.00 dan 16.30. Yang memungkinkan untuk ditumpangi adalah bis dengan jadwal pukul 16.30. Bagi yang menumpang Express Bahari hari minggu dan kapal tiba di pelabuhan Jepara pukul 16.00 tidak masalah. Tapi jika naik jadwal kapal lain dan anda tidak sabar menunggu bis serta ingin cepat sampai rumah, anda bisa menggunakan 2 alternatif.

Alternatif pertama anda dapat naik bis mini jurusan Semarang dan turun Trengguli lalu menunggu bis jurusan Surabaya lewzt. Namun sayangnya Trengguli ini bukan sebuah terminal. Hanya sebuah tempat pinggir kali dekat jembatan yang digunakan untuk menunggu bis. Bagi yang tidak familiar dengan bis yang harus dinaiki tentunya akan merepotkan. Apalagi dari jauh susah membedakan antara bis ekonomi dan patas.

Alternatif kedua agak ribet sih. Harus oper dua kali. Namun tempat oper sudah berupa terminal sehingga tidak membingungkan. Jadi di terminal Jepara anda naik bis jurusan Kudus. Bis ini terakhir rutenya di subterminal Jetak. Setelah turun di Jetak anda naik mikrolet menuju terminal Kudus. Tarif untuk bis mini Rp 8-10rb dan mikrolet Rp 4rb. Bis jurusan Surabaya melewati terminal ini tiap 15 menit. Tarif bis jurusan Surabaya dari Kudus Rp 55rb.

Ada juga sih yang naik travel ke terminal Semarang tapi tidak saya sarankan karna memutar terlalu jauh, sedangkan untuk ke Kudus tidak ada rute travelnya. Oia, buat yang berduit bisa juga charter pesawat Cesna 208 rute Semarang-Karimunjawa yang dioperasikan oleh Asco Nusa Air. Sekian kiat-kiat dari saya. Semoga perjalanan anda lancar dan liburannya menyenangkan.

 

Judul: Berwisata ke Karimun Jawa; Ditulis oleh Paket Wisata Karimunjawa; Rating: 5 dari 5


Terimakasih atas kunjungan Anda beserta kesediaan Anda membaca artikel ini. Komitmen dan pelayanan serta keselamatan kami utamakan demi kenyamanan dan kesenangan anda sekalian.mengapa pelayanan kami yang terbaik, disamping kami memiliki orang-orang yang profesional, Kami bekerja sama sangat baik dengan penduduk setempat, koordinasi Tim kami yang kompak, ramah, dan bertanggung jawab
Share this article :

Email : timvisitkarimunjawa@gmail.com

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
customer service
PIN BB 5D26609E
OFFICE : (0291) 4260109
M3: 085742588199 | TSEL: 082138172799

Visit Karimunjawa Jawa Tengah

Recommended Post

Contact Me Just by Mail or SMS


Terpopuler

 
Paket Wisata Karimunjawa Tour and Travel Mulai 500 Ribuan, Couple, Group, Company Outing, Study Tour, Adventure, Diving, Snorkeling, Paket Bulan Madu Contact TimVisitKarimunjawa Hotline. (0291) 3333215
Support : Design by Creating Website
Copyright © 2011. Paket Wisata Karimunjawa Murah 500Rb Tour Travel ke Pulau Karimunjawa 2017 - All Rights Reserved
Paket Wisata Karimunjawa Tour and Travel Mulai 500 ribuan, Couple, Group, Company Outing, Study Tour, Adventure, Diving, Snorkeling, Paket Bulan Madu